Menkes Ungkap 5 Provinsi Mulai Alami Penurunan Kasus COVID-19, Salah Satunya DKI Jakarta
Menkes Budi Gunadi Sadikin/DOK via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus COVID-19 di lima provinsi di Tanah Air mulai mengalami penurunan dan salah satunya, DKI Jakarta.

Awalnya, Budi mengungkap kasus COVID-19 saat ini masih lebih tinggi dibandingkan puncak varian Delta yang pernah berada di angka sekitar 56 ribu.

Saat ini, kata dia, ada 13 provinsi yang mengalami peningkatan kasus. Di antaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sumatera Selatan.

"13 Provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Papua, Sulut, Lampung, Sulsel, Sumut, NTB dan Sumsel itu semua sudah lebih tinggi dari puncak Delta," kata Menkes dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 21 Februari.

Namun, masyarakat diminta tak perlu khawatir karena dari belasan provinsi itu ada yang sudah menunjukkan penurunan COVID-19. "Lima di antaranya sudah mengikuti tren menurun yaitu DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku dan NTT," ujar eks Wakil Menteri BUMN itu.

"(Sementara, red) yang lainnya sedang dalam (posisi, red) di puncak atau dalam jalan untuk mencapai ke puncak," imbuh Budi.

Dengan kondisi ini, Menkes menyebut penyebaran COVID-19 kini sudah bergeser ke luar Pulau Jawa-Bali. Apalagi, berdasarkan data yang dimilikinya, proporsi kasus COVID-19 di luar persentasenya terus bertambah.

"Karena proporsinya Jawa-Bali sudah menurun sehingga di luar Jawa-Bali naik. Yang tadinya perbandingannya 97 persen Jawa-Bali, 3 persen luar Jawa Bali sudah jadi 72-28 persen," ujarnya.

"Sehingga akan terjadi pergeseran ke sana (luar Pulau Jawa-Bali, red)," pungkasnya.