Sandiaga Uno Kawal Peningkatan SDM, Respons Era Baru Pariwisata
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia harus terus berlanjut meski COVID-19 masih ada.

"SDM harus memiliki skill yang sesuai dengan pariwisata era baru, yaitu pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang berbasis nature and culture," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat 18 Februari.

Terkait dengan pengembangan SDM pariwisata di Indonesia, Sandiaga Uno mengapresiasi Diageo Indonesia dan Kamar Dagang Britania Raya Indonesia (Britcham Indonesia) yang memulai kerja sama pelaksanaan program Learning for Life di Indonesia.

Program Learning for Life adalah bagian dari komitmen Society 2030, yaitu rencana 10 tahun Diageo menciptakan dunia yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Menurut Sandiaga, melalui Learning for Life, Diageo mendukung para pekerja di berbagai negara dalam mengasah keterampilan dan meningkatkan kesempatan kerja.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, setiap negara di dunia telah menderita dan akan bersaing ketat untuk mendapatkan kembali pangsa pasar pariwisata global.

"Kita harus bisa bersaing dan menjadi lebih baik termasuk dari segi kreativitas dan keunggulan. Saya senang mendapat kesempatan ini dan menyambut inisiatif Diageo dan British Chamber," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menambahkan, Learning for Life merupakan hal yang mengesankan. Pertama-tama, karena target dari program ini adalah orang dewasa muda yang telah diberhentikan dari industri pelayanan dan perhotelan.

Kedua, mengetahui tujuan dari program ini yaitu meningkatkan standar pelayanan dan keterampilan. Dan ketiga, program ini memberikan pemahaman kritis yang lebih baik tentang bagaimana bisnis pelayanan dan perhotelan bekerja.

Kesempatan yang fantastis ini, juga kemitraan antara Diageo dan British Chamber, sangat penting bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saat kita pulih, kita perlu membangun kembali hubungan pariwisata dengan Inggris. Learning for Life, program peningkatan keterampilan belajar yang dilaksanakan oleh merek Inggris, merupakan hal yang tepat karena akan menarik perhatian publik Inggris," katanya.

Selain memberikan dukungan, Sandiaga Uno juga ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk berkirim pesan kepada warga Inggris. "Kami siap dan bersemangat untuk menyambut Anda kembali mengunjungi pesona Indonesia," kata dia.