Buntut 37 Siswa Terpapar, Pemprov Jambi Gelar Tes PCR di SMAN Titian Teras, Hasilnya 36 Positif COVID
Petugas kesehatan tengah mengambil sampel uji swab PCR terhadap siswa SMAN Titian Teras Jambi (VIA ANTARA)

Bagikan:

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan melakukan tes usap PCR terhadap seluruh siswa SMAN Titian Teras sebagai upaya penelusuran kontak erat pasien COVID-19 di sekolah itu.

"Pada hari ini dilakukan pengambilan sampel terhadap seluruh siswa SAMN Titian Teras untuk memastikan siswa apakah masih terjadi penularan COVID-19 di lingkungan sekolah atau tidak," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra di Jambi, Antara, Rabu, 16 Februari.

Terdapat 552 orang siswa-siswi SMAN Titian Teras yang di ambil sampel untuk tes usap PCR pada hari ini. Varial Adhi Putra menjelaskan sebelumnya terdapat 37 siswa SMAN Titian teras yang terpapar COVID-19.

Dari kasus tersebut, dilakukan penelusuran terhadap seluruh siswa SMAN Titian Teras dengan melaksanakan tes cepat antigen, hasilnya 172 orang reaktif.

Dari hasil reaktif antigen tersebut dilakukan uji usap PCR dan terdapat 36 orang siswa yang dinyatakan positif COVID-19. Sehingga total siswa SMAN Titian Teras yang terpapar COVID-19 berjumlah 73 orang.

Untuk memastikan apakah masih terjadi penularan atau tidak di lingkungan sekolah tersebut, pada pada hari ini, Rabu (16/2) seluruh siswa SMAN Titian Teras di ambil sampel usap PCR.

"Tes usap PCR ini langkah cepat yang diambil untuk memutus rantai penularan, dan saat ini seluruh siswa SMAN Titian Teras yang terpapar COVID-19 menjalani isolasi di Rumah Isolasi Terpadu (Isoter) di Bapelkes Jambi," kata Varial Adhi Putra.

Sebagai langkah antisipasi jika terjadi penambahan siswa yang terpapar COVID-19, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bersama pihak sekolah mempersiapkan salah satu ruangan di SMAN Titian Teras yang lokasinya jauh dari asrama untuk lokasi isolasi.