Aksi Pencurian Burung Kicau Terekam CCTV, Korban Mengadu ke Pak RW, Belum Lapor Polisi
Foto: Tangkapan layar rekaman video CCTV di lokasi kejadian pencurian burung kicau di Pasar Rebo

Bagikan:

JAKARTA - Kawanan pencuri spesialis burung kicau melakukan aksinya di salah satu rumah warga di Gang Swadaya, RT 12/08, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Tak tanggung- tanggung, pelaku berhasil menggasak burung kicau kualitas kontes milik warga.

Menurut Nia, tetangga korban, burung kontes milik tetangganya itu hilang dicuri pelaku pada Jumat 11 Februari, lalu. Beruntung, aksi pelaku terekam kamera CCTV.

"Pelakunya dua orang, mereka datang boncengan naik motor. Memang pas kejadian kondisi lagi sepi karena warga pada Salat Jumat," ujarnya kepada wartawan, Senin 14 Februari.

Dari rekaman CCTV, mulanya satu pelaku yang dibonceng turun dari sepeda motor lalu berjalan ke rumah korban. Sedangkan pelaku lain duduk di kendaraan sambal mengamati situasi.

Setelah yakin tak ada warga yang melintas di lokasi kejadian, pelaku langsung mengambil burung berikut sangkarnya yang digantungkan di plafon teras rumah.

"Kejadiannya cepat, habis mengambil burung sama kandangnya itu langsung kabur. Pelaku yang mengambil itu sempat lewat depan rumah, dia pura-pura jalan sambil main handphone," ucapnya.

Aksi pencurian itu luput dari perhatian warga sekitar lantaran saat kejadian, sangkar dalam keadaan tertutup kain warna merah, sehingga burung yang berada di dalam tak berkicau.

"Sepengetahuan saya ini baru pertama kali terjadi. Kalau untuk jenis burungnya apa saya kurang tahu, tapi katanya sering ikut lomba begitu," ujarnya.

Nia mengatakan, tetangganya yang menjadi korban pencurian burung kontes belum melaporkan kejadian ke Polsek Pasar Rebo, hanya memberitahukan ke pengurus RT dan RW setempat.