Komisi II DPR Gelar <i>Fit And Proper Test</i> Calon Anggota KPU-Bawaslu
Gedung DPR RI (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi II DPR mulai menggelar uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan anggota Bawaslu RI pada hari ini, Senin, 14 Februari. Fit and proper test akan dilakukan hingga Rabu, 16 Februari.

Diketahui, ada 14 calon komisioner KPU yang akan dipilih sebanyak tujuh orang dan 10 calon anggota Bawaslu RI yang akan disaring menjadi lima anggota periode 2022-2027.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, menyampaikan para calon anggota Bawaslu RI dan Komisioner KPU RI akan ditekankan mengenai beberapa aspek. Paling penting adalah soal integritas calon anggota KPU dan Bawaslu.

"Pertama dan penting adalah aspek integritas. Melihat pengalaman, masih ada penyelenggara pemilu yang terjebak masalah hukum," ujar Doli.

Selain itu, dalam fit and proper test Komisi II DPR juga akan mempertimbangkan kepemahaman konsep pemilu hingga teknis pemilu, termasuk kemampuan komunikasi.

Untuk hari ini, Senin, 14 Februari, ada delapan calon anggota KPU yang bakal menjalani fit and proper test. Yakni August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne.

Kemudian enam orang lagi menjalani uji kelayakan pada besok, Selasa, 15 Februari, yakni Mochamad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yaty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Dilanjutkan dua calon anggota Bawaslu yakni Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa.

Sedangkan delapan orang lainnya pada Rabu, 16 Februari, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Malonga, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB berakhir pada pukul 21.00 WIB.