Komisi II Segera <i>Fit and Proper Test</i> Calon Anggota KPU-Bawaslu
Ahmad Doli Kurnia/Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Komisi II DPR akhirnya mendapat perintah dari pimpinan untuk segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung, mengatakan Pimpinan DPR dan Badan Musyawarah telah merekomendasikan Komisi II DPR untuk menggelar fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu.  

Komisi II DPR sebelumnya sudah mengagendakan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPu dan Bawaslu pada 14 Februari. 

"Kami Komisi II direkomendasikan untuk melakukan mekanisme atau melaksanakan proses pemilihan anggota KPU RI dan Bawaslu RI yang baru untuk periode 2022-2027," ujar Doli di Gedung DPR, Senin, 7 Februari. 

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, bahwa tahapan dimulai dari masuknya Surat Presiden Nomor R-01/pres/01/2022, perihal calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu untuk masa bakti 2022-2027 ke meja pimpinan DPR, tanggal 12 Januari 2022 lalu.

"Setelah pemerintah membentuk Timsel (tim seleksi, red) kemudian Timsel melakukan kerjanya menghasilkan 14 nama untuk calon anggota KPU RI dan 10 nama untuk calon Bawaslu RI diserahkan kepada Presiden dan kemudian Presiden meneliti dan akhirnya kemudian mengirimkan surat kepada DPR untuk ditindaklanjuti proses seleksinya," katanya.

Doli melanjutkan, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 25 dan Pasal 121 Undang- Undang Nomor 7 tahun 2017, maka DPR diberi waktu 30 hari untuk melakukan proses seleksi berikutnya.

"Sebagaimana yang diatur itu maka DPR kemudian menyerahkan kepada komisi II untuk melakukan fit and proper test terhadap 14 nama dan calon KPU dan 10 nama calon Bawaslu yang nanti akan terpilih menjadi 7 orang dan untuk KPU RI dan 5 orang untuk Bawaslu," jelas Doli.

Seperti diketahui, berdasarkan keputusan Nomor 358/TIMSEL/I/2022, Timsel telah menyodorkan 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu kepada Presiden.

Keempat belas nama calon anggota KPU tersebut adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, serta Yulianto Sudrajat.

Adapun nama dari 10 calon anggota Bawaslu yakni Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.