Sistem Perawatan Kesehatan Kewalahan, Hong Kong Catat 1.347 Kasus Infeksi COVID-19
Ilustrasi COVID-19 Hong Kong. (Wikimedia Commons/Amakuha)

Bagikan:

JAKARTA - Hong Kong melaporkan 1.347 infeksi COVID-19 harian baru pada Hari Minggu, turun dari rekor hari sebelumnya, dengan 2.000 kasus tambahan, tetapi penyebarannya mengancam sistem perawatan kesehatan kota yang kewalahan, kata pihak berwenang.

Lonjakan kasus virus corona, ujian terbesar bagi strategi 'dinamis nol-COVID' Hong Kong, terjadi sehari setelah pemerintah mengatakan China akan membantu kota itu dengan kapasitas pengujian, perawatan dan karantina.

Menyusul kematian seorang anak berusia empat tahun yang dites awal positif untuk penyakit itu minggu ini, pemerintah mengatakan pada Minggu malam, anak-anak dari usia tiga tahun akan memenuhi syarat untuk vaksinasi mulai 15 Februari.

Pihak berwenang juga memperingatkan pasokan makanan ke kota itu mungkin terganggu, setelah beberapa pengemudi truk lintas batas dites positif terkena virus corona, tetapi mengatakan mereka melakukan segalanya untuk membuat situasi kembali normal 'sesegera mungkin.'

Hong Kong mengimpor 90 persen makanannya, dengan daratan sebagai sumber terpentingnya, terutama untuk makanan segar. Konsumen merasakan kelangkaan beberapa barang impor, termasuk seafood premium, karena pembatasan penerbangan yang ketat.

Otoritas kesehatan di kota berpenduduk 7,5 juta orang itu melaporkan 1.347 infeksi virus corona baru, turun dari 1.514 pada Sabtu, tetapi mereka mengatakan pada konferensi pers bahwa ada sekitar 2.000 kasus awal. Penyebaran wabah yang cepat membuat fasilitas kesehatan kewalahan, kata mereka.

Media lokal telah melaporkan, kota itu akan melaporkan rekor 3.000 infeksi, termasuk kasus awal.

"Bagi mereka yang dalam kondisi stabil, harap menunggu dengan sabar. Harap perhatikan imbauan kami," kata pejabat Otoritas Rumah Sakit Larry Lee, seperti melansir Reuters 13 Februari.

Sementara itu, pejabat nomor 2 Hong Kong, John Lee, mengatakan pada Hari Sabtu, tidak ada rencana untuk mengunci kota, di mana sekolah, pusat kebugaran, bioskop, dan sebagian besar tempat lainnya ditutup. Pertemuan sosial dibatasi untuk dua orang, restoran tutup pukul 6 sore dan jarang melihat orang tanpa topeng.

Mengikuti kondisi yang terjadi, sebagian besar karyawan perkantoran Hong Kong telah kembali bekerja dari rumah.

Hong Kong dan China daratan adalah di antara sedikit tempat di dunia yang masih berupaya menekan setiap wabah COVID-19, tetapi varian Omicron terbukti sulit dikendalikan dan penyebarannya menambah tekanan pada sistem perawatan kesehatan yang diperluas.

Langkah-langkah China daratan yang diumumkan pada Hari Sabtu akan memberi Hong Kong ruang bernapas, karena kapasitas medis diuji di semua lini, meskipun tidak ada rincian spesifik dari rencana tersebut dan tidak jelas seberapa cepat mereka dapat diimplementasikan.

Tingkat hunian rumah sakit untuk pasien COVID-19 di Hong Kong berada pada angka 90 persen, data dari Otoritas Rumah Sakit menunjukkan, sementara fasilitas isolasi mendekati maksimum.

Terpisah, Menteri Kesejahteraan Hukum Chi-kwong mengatakan kota itu akan mempersingkat masa karantina bagi penduduk, serta staf panti jompo untuk orang tua, karena mereka kekurangan tempat tidur isolasi.

Untuk diketahui, Hong Kong telah mencatat sekitar 24.000 infeksi dan lebih dari 200 kematian, jauh lebih rendah daripada kota-kota besar lainnya yang serupa. Para ahli medis memperingatkan Hong Kong bisa melihat 28.000 infeksi setiap hari pada akhir Maret, dengan orang tua yang tidak divaksinasi menjadi kekhawatiran khusus.