Datangi Langsung Lokasi, Komisi III DPR Temukan Fakta Desa Wadas Bukan Wilayah Proyek Bendungan Bener
Sejumlah anggota Komisi III DPR RI menemui warga Desa Wadas, Kecamayan Bener, Kabupaten Purworejo, Kamis (10/2/2020). (ANTARA/Heru Suyitno)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja spesifik ke Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Kunker ini dimaksudkan untuk melihat langsung kondisi pasca insiden dengan aparat di desa tersebut. 

Dalam kunjungan itu, Komisi III DPR menemukan fakta Desa Wadas tidak termasuk ke dalam wilayah proyek strategis Nasional Bendungan Bener.

"Desa Wadas bukan wilayah proyek strategis nasional Bendungan Bener," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmon J Mahesa, Jumat, 11 Februari. 

Disebutkan, Desa Wadas menjadi lokasi penambangan quarry batuan andesit. Batu Andesit ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan Bendungan Bener.

Hanya saja berdasarkan temuan Komisi III DPR RI, kata Desmond, Wadas tidak masuk ke dalam wilayah proyek strategis nasional sehingga penolakan dari masyarakat terkait penambangan bisa dilakukan.

"Secara hukum, kalau wilayah bendungan maka masyarakat bisa menerima. Di sisi yang luar bendungan, masyarakat untuk sementara ini bisa menolak karena tidak melanggar aturan apa-apa," kata politikus Gerindra ini.

Karenanya, Komisi III DPR meminta gejolak yang terjadi di Desa Wadas bisa terselesaikan dengan baik.

"Ke depan pro-kontra ini bisa akur kembali, dengan pihak pelaksana yang mau mengambil batu bisa menyelesaikannya baik-baik," kata Desmond.