Dongkrak Meleset, Kernet Tewas Tertimpa Truk Pasir saat Ganti Ban di Tol TB Simatupang
Truk yang menimpa kernet di Tol TB Simatupang/ Foto: Dok. PJR Ditlantas Polda Metro Jaya

Bagikan:

JAKARTA – Seorang kernet yang tengah memperbaiki ban tewas tertimpa truk muatan pasir yang dibawanya sendiri. Insiden itu terjadi di Kilometer 24+200 Jalan Tol TB Simatupang, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, 4 Januari.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sutikno mengatakan, peristiwa itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 04.40 WIB.

Informasi menyebut, truk yang ditumpangi korban datang dari arah Meruya Jakarta Barat menuju Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Tepat di kilometer 24+100 Jalan Tol TB Simatupang, ban kiri bagian belakang kempes.

"Kemudian truk menepi di KM 24+200. Di TKP kernet dan sopir segera membetulkan ban dengan niat mengganti ban cadangan," terang Sutikno dalam keterangannya, Jumat 4 Januari.

Saat proses pergantian ban, kernet berada di sebelah kiri truk, sedangkan sopir truk mendongkrak.

"Sopir sudah memperingatkan kernet untuk tidak di posisi samping. Nahas dongkrak yang digunakan melintir hingga kendaraan menimpa korban (kernet), sehingga korban meninggal dunia di lokasi," kata Sutikno.

Sementara itu, Kapolsek Pasar Minggu Kompol Bambang Handoko mengatakan, kejadian itu human error.

“Orang ganti ban karena pecah ban dan kondisi di jalan tol. Human error aja saat ganti ban atau dongkraknya yang tidak layak,” kata Handoko saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 4 Januari.

“Kernetnya (MR) meninggal dunia, yang mana sudah dibawa ke RS Fatmawati. Kasusnya ditangani oleh Laka Lantas, kita hanya penanganan awal," pungkas Handoko.

Korban dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati setelah dievakuasi dari truk yang menimpanya itu.