Seragam Satpam Resmi Berganti Jadi Krem, Kapolri: Pengemban Fungsi Kepolisian Terbatas
Seragam satpam yang baru/FOTO: RIZKY ADYTIA-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan perubahan warna segara satuan pengaman (satpam). Satpam kini memiliki identitas baru dalam mengemban fungsinya sebagai kepolisian terbatas.

"Semoga rekan-rekan satuan keamanan profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, dan tentunya kehadirannya betul-betul dirasakan masyarakat," ujar Sigit dalam sambutannya dalam upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-41, Rabu, 2 Februari.

Saat ini, warna seragam satpam resmi berubah. Bila sebelumnya mirip dengan seragam polisi, kini berganti dengan pakaian warna krem dan celana cokelat.

Selain itu, Kapolri juga berharap dengan telah bergantinya sergam, satpam dapat menjalankan tugas lebih baik lagi. Sebab, satpam diharapkan dapat mendeteksi tindak kejahatan awal sehingga langkah pencegahan bisa dilakukan.

"Satpam diharapkan mampu mendeteksi potensi kejahatan secara dini dan dapat melakukan tindakan pencegahan serta cepat sebagai bagaian dari pemolisian yang prediktif," kata Sigit.

"Saat ini satuan pengamanan memiliki peran yang semakin penting dalam upaya pemeliharaan kamtibmas," sambungnya.

Bahkan, Sigit menyebut satpam memiliki peran besar dalam pengendalian COVID-19. Mereka juga merupakan garda terdepan untuk mengingatkan masyarakat agar menaati protokol kesehatan (prokes).

"Berperan dalam penjaringan pandemi COVID-19 satpam berperan penting dalam mengawali pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan di lingkungan atau kawasan tugas rekan-rekan bekerja seperti pasar, mall, pusat perbelanjaan, pabrik, dan tempat pariwisata dan juga tempat-tempat yang lain di mana rekan-rekan berada," ungkap Kapolri.