Alasan Polri Soal Pemilihan Warna Krem di Seragam Baru Satpam
Seragam baru Satpam/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyatakan alasan pemilihan warna krem di balik perubahan seragam satuan pengamanan (satpam). Sebab, warna krem masih serumpun dengan coklat yang merupakan warna segaram Korps Bhayangkara.

"Warna krem adalah warna turunan dari warna cokelat dengan gradasi lebih terang sehingga masih dalam kategori rumpun warna seragam Polri," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis, 3 Februari.

Selain itu, pemilihan warna krem juga untuk menjaga moril satpam. Di mana, salah satu fungsi mereka yakni pengemban kepolisian terbatas.

"Sehingga tercipta hubungan kerjasama yang harmonis antara pembina (Polri) dan yang dibina (satpam)," ujarnya.

Kemudian, warna krem juga dianggap paling cocok dengan warna colkat pada celana di seragam satpam. Termasuk atibut lainnya seperti, Field Cap, Pet, Sepatu, Kopel dan Tali Kur.

Tapi, alasan utama dalam pemilihan warna krem untuk membentuk identitas satpam. Sehingga, tidak ada kesamaan dengan Polri dan insitusi lainnya.

"Warna krem dipilih untuk mengantisipasi apabila dalam prakteknya nanti kembali terjadi distorsi warna dan tidak menjadi mirip dengan institusi yang memiliki tugas dan fungsi yang sama," kata Ramadhan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan perubahan warna segara satuan pengaman (satpam). Satpam kini memiliki identitas baru dalam mengemban fungsinya sebagai kepolisian terbatas.

Warna seragam satpam resmi berubah. Bila sebelumnya mirip dengan seragam polisi, kini berganti dengan pakaian warna krem dan celana cokelat.

Selain itu, Kapolri juga berharap dengan telah bergantinya sergam, satpam dapat menjalankan tugas lebih baik lagi. Sebab, satpam diharapkan dapat mendeteksi tindak kejahatan awal sehingga langkah pencegahan bisa dilakukan.

"Satpam diharapkan mampu mendeteksi potensi kejahatan secara dini dan dapat melakukan tindakan pencegahan serta cepat sebagai bagaian dari pemolisian yang prediktif," kata Sigit.

"Saat ini satuan pengamanan memiliki peran yang semakin penting dalam upaya pemeliharaan kamtibmas," sambungnya.