Pengadaan Seragam Satpam Bukan Urusan Polri Tapi Perusahaan
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyebut tak terlibat dalam pengadaan seragam bagi satuan pengamanan (satpam). Urusan pengadaan diserahkan sepenuhnya pada satpam dan perusahaan tempat bekerja.

"Itu nanti (pengadaan, red) antara satpam dan tempat bekerjanya," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis, 13 Januari.

Dalam proses perubahan seragam, Polri hanya terlibat dalam kajian aturan sebab Polri merupakan pembina bagi satpam.

"Kalau pakaian satpam kami nggak intervensi siapa yang mengadakan. Cuma kami memberi aturan pakaian seragam itu," kata Ramadhan.

Di sisi lain, Ramadhan pun menekankan, satpam tidak masuk dalam organisasi Polri. Meski, Korps Bhayangkara berposisi sebagai pembina.

"Satpam itu bukan struktur di bawah Kepolisian. Satpam itu kan ada yang menggunakan, jadi bukan kita yang membebankan karena yang menggunakan user," katanya.

Ada pun, Polri berencana untuk mengubah warna seragam satuan pengamanan (Satpam) yang saat ini berwarna coklat akan menjadi krem. Namun, rencana ini masih dalam tahap pengkajian.

Dalam perubahan seragam itu hanya pada pakaian. Sehingga, nantinya masyarakat tidak kesulitan dalam membedakan antara polisi dengan satpam.