Wakil Ketua MPR: Beri Waktu Pemerintah untuk Paparkan Rencana IKN
Lokasi bakal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, meminta semua pihak terutama yang tidak sependapat agar memberikan waktu kepada pemerintah untuk memaparkan berbagai rencana terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Saya melihat ini sedang berproses dan nantinya bagaimana sosialisasi serta pemerintah atau stakeholder terkait memberikan penjelasan lebih detail kepada publik," katanya di Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, dilansir Antara, Jumat, 28 Januari.

Oleh karena itu, semua anak bangsa harus bisa memberikan waktu kepada pemerintah supaya bisa menjelaskan dengan gamblang terkait pemindahan IKN ke Kalimantan Timur.

Menurut Rerie, sapaan akrabnya, salah satu tujuan dari pemindahan IKN adalah membangun identitas bangsa Indonesia dan memperkuat posisi di mata dunia.

"Jadi sebaiknya pro dan kontra ini kita hindarkan," ujar Rerie.

Politisi NasDem tersebut mengatakan pemerintah mempunyai tugas besar dalam meyakinkan pihak-pihak yang tidak sependapat atau menolak pemindahan IKN ke Kalimantan Timur.

Selain itu, katanya, pendekatan adat dan budaya harus terus diintensifkan dalam rangka pembangunan IKN Nusantara baru yang berada di Kalimantan Timur.

"Pendekatan budaya dan sosial harus dikedepankan agar manfaat dari pembangunan tersebut dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat," ujar dia.

Menurut dia, sosialisasi pemindahan IKN harus lebih digencarkan. Pemerintah diyakini telah memiliki langkah-langkah strategis dalam menerapkan.

"Saya yakin pemerintah telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik," ujarnya.