Eri Cahyadi-Armuji Bakal Terima Surat Rekomendasi Pilkada Surabaya di Taman Harmoni
Persiapan penyerahan rekomendasi di Taman Harmoni Surabaya. (Dok. DPP PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji diserahkan sore ini. Penyerahan surat rekomendasi digelar di Taman Harmoni, Kota Surabaya.

"Jam 4 sore ini, rekomendasi akan diberikan Pak Djarot Saiful Hidayat, Ibu Risma, dan Pak Bambang Pacul Wuryanto, yang ditugaskan ibu ketua umum, dan kini berada di Kota Surabaya. Nanti rekomendasi akan diserahkan di Taman Harmoni," kata Sekjen PDIP Hasyo Kristiyanto dalam kegiatan pemberian rekomendasi untuk calon kepala daerah dari PDIP, Rabu, 2 September.

Taman Harmoni dipilih karena taman ini adalah wujud dari dialog antara Megawati dengan Risma yang 10 tahun memimpin serta memajukan Surabaya yang penuh wajah kebudayaan, hijau, asri, dan begitu indah.

Sebelum menjadi taman, tempat tersebut adalah tempat pembuangan sampah. Dalam pembuatan taman tersebut, Hasto mengatakan, Megawati memberikan koleksi bibit tanaman miliknya sebanyak tiga truk dan 

"Mengingat rekomendasi baru diumumkan, dan unsur DPP saja baru mengetahui, maka di Taman Harmoni, dimana tempat keharmonian tumbuh subur, tak hanya bagi Surabaya tapi bagi seluruh Indonesia, nanti rekomendasi dari ibu ketua umum akan diserahkan kepada Eri-Armuji," ungkapnya.

PDIP sebelumnya mengumumkan mengusung Eri Cahyadi dan Armuji dalam ajang Pemilihan Wali Kota Surabaya 2020. Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani secara daring.

"Rekomendasi Kota Surabaya diberikan kepada Eri Cahyadi dengan Armuji sebagai calon wali kota dan wakil wali kota periode 2020-2025. Merdeka," kata Puan saat membacakan rekomendasi bagi keduanya, Rabu, 2 September.

Setelah rekomendasi dibacakan, Puan kemudian meminta agar DPD PDIP Jawa Timur dan DPC Kota Surabaya untuk segera melakukan konsolidasi. Tujuannya, agar partai berlambang banteng tersebut dapat kembali memenangkan Pilwalkot Surabaya pada 9 Desember.

"Seluruh jajaran DPD PDIP Jawa Timur dan DPC Kota Surabaya bisa mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan seluruh jajaran partai untuk bisa kembali memenangkan Kota Surabaya," tegasnya.

Eri Cahyadi merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Surabaya Eri Cahyadi. Sementara Armuji, merupakan anggota DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan.