Australia Beli Hak Cipta Bendera Aborigin Senilai Rp200 Miliar, Hapus Lisensi yang Timbulkan Kontroversi
Ilustrasi bendera Aborigin. (Wikimedia Commons/Stephen Hass)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Australia mengatakan pada Hari Selasa, mereka telah memperoleh hak cipta atas bendera Aborigin sehingga dapat digunakan secara bebas, menyelesaikan perselisihan komersial yang telah membatasi tim olahraga dan komunitas Aborigin untuk mereproduksi gambar tersebut.

Bendera Aborigin telah diakui sebagai bendera resmi Australia sejak 1995, dikibarkan dari gedung-gedung pemerintah dan dianut oleh klub olahraga.

Setelah kesepakatan dinegosiasikan dengan penciptanya, seniman pribumi Harold Thomas, bendera tersebut dapat digunakan di baju olahraga, lapangan olahraga, situs web, hingga karya seni tanpa izin atau pembayaran biaya, kata pemerintah pada malam hari libur nasional Hari Australia.

Menulis di Sydney Morning Herald pada Hari Selasa, Thomas mengatakan dia pertama kali membuat bendera hitam, kuning dan merah untuk memimpin demonstrasi pada tahun 1971, dan itu telah menjadi simbol persatuan dan kebanggaan pribumi.

"Bendera mewakili sejarah abadi tanah kami dan waktu rakyat kami di atasnya," katanya dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters 25 Januari.

Pemerintah Australia telah membayar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp286.885.000.000 kepada Thomas, serta untuk menghapus lisensi yang dipegang oleh sejumlah kecil perusahaan yang telah menimbulkan kontroversi sejak 2018, dengan menuntut pembayaran untuk reproduksi bendera.

bendera aborigin
Ilustrasi bendera Aborigin. (Wikimedia Commons/Andrew Mercer)

Penyelidikan parlemen pada tahun 2020 mengatakan, pemegang lisensi telah menuntut pembayaran dari organisasi kesehatan dan klub olahraga, yang dapat menyebabkan komunitas berhenti menggunakan bendera untuk menghindari tindakan hukum.

Menentang praktik komersialisasi ini, sejumlah tokoh Aborigin Australia terkemuka, termasuk mantan Olympian Nova Peris memimpin kampanye 'Bebaskan Bendera'.

Terpisah, Menteri Penduduk Asli Australia Ken Wyatt mengatakan bendera itu telah menjadi simbol abadi bagi orang Aborigin.

"Selama 50 tahun terakhir kami membuat karya seni Harold Thomas milik kami, kami berbaris berbaris di bawah bendera Aborigin, berdiri di belakangnya, dan menerbangkannya tinggi-tinggi sebagai kebanggaan," sebutnya dalam sebuah pernyataan.

"Sekarang Persemakmuran memegang hak cipta, itu milik semua orang, dan tidak ada yang bisa mengambilnya," sambungnya.

Untuk diketahui, perayaan Hari Australia, yang ditandai dengan hari libur nasional pada 26 Januari, telah menjadi kontroversial karena tanggal tersebut dilihat oleh penduduk asli Australia untuk menandai invasi tanah mereka oleh Inggris.

Ini adalah tanggal armada Inggris berlayar ke Sydney Harbour pada tahun 1788 untuk memulai koloni hukuman, memandang tanah itu sebagai tidak berpenghuni meskipun menghadapi pemukiman. Ada perdebatan apakah akan memindahkan hari libur nasional ke tanggal lain.