Bertepatan dengan Hari Valentine, PAN Nilai Penentuan Pemilu 2024 Cukup Baik
Ilustrasi-(Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik penetapan jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada 14 Februari 2024. Hal tersebut menjadi kesepakatan antara Komisi II DPR, pemerintah dan KPU.
 
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus, berseloroh bahwa penetapan hari pencoblosan tersebut sudah pas lantaran bertepatan dengan hari kasih sayang atau yang dikenal dengan valentine.
 
“Bertepatan dengan valentine itu cukup baik," ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa, 25 Januari.
 
Rupanya bukan karena bertepatan hari kasih sayang, Guspardi mengatakan, pemilihan tanggal 14 Februari 2024 semata-mata karena adanya pertimbangan matang dari KPU, Bawaslu, DKPP, dan juga pemerintah.
 
“Pertimbangannya bukan soal itu tapi kesepakatan yang rasional guna menghindari beririsan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak yang juga digelar pada tahun yang sama, yakni tanggal 27 November 2024,” jelasnya.
 

 
Dengan disepakatinya jadwal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, sambung Guspardi, penyelenggara Pemilu mempunyai ruang yang cukup untuk menyiapkan secara matang setiap tahapan-tahapan Pemilu maupun Pilkada.
 
"Kita berharap penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu dan DKPP) dapat menyusun agenda dan tahapan Pemilu dan Pilkada dengan tetap berpedoman kepada azas efektif dan efisien baik dari persiapan setiap tahapan maupun anggaranya,” katanya.
 
Adapun soal tahapan dan masa kampanye akan dibahas dalam rapat bersama pemerintah dan KPU selanjutnya.
 
"Selanjutnya akan dibahas dan diperdalam lebih lanjut oleh Komisi II dalam rapat berikutnya bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.