Tewas saat Berusaha Selamatkan Anjing dari Tsunami Tonga, Aktivis Wanita Ini Tinggalkan Karirnya untuk Satwa Liar
Mendiang Angela Glover bersama anjing-anjingnya. (Instagram/@ifthegloverfits)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang wanita Inggris yang meninggal dalam tsunami di Tonga adalah seorang penyayang binatang, selalu bersemangat melindungi anjing-anjing liar di pulau-pulau negara tersebut, termasuk merawat anjing-anjing yang sakit atau luka.

Angela Glover (50), adalah korban pertama yang dikonfirmasi dari bencana, yang dipicu ketika gunung berapi bawah laut meletus di dekat negara kepulauan Pasifik itu pada Sabtu 15 Januari lalu.

Dua penduduk setempat, seorang wanita berusia 65 tahun dan pria berusia 49 tahun, juga kehilangan nyawa mereka, pemerintah Tonga mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan, menyebut tsunami sebagai “bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Dampak lingkungan masih dinilai, dengan peringatan LSM air minum yang terkontaminasi dan air laut merusak tanaman, serta rumah yang tak terhitung jumlahnya hancur.

"Dia adalah manusia yang paling cantik, luar biasa, perhatian, penyayang,” kata Serena Schellenberg tentang temannya Angela, yang dia temui di awal karir periklanan mereka di London, mengutip Euronews 18 Januari.

Berbicara dengan Euronews Green, Schellenberg mengatakan, "Saya menyukai kenyataan bahwa memiliki karir yang sangat kuat, dia berada di puncak karirnya (bekerja untuk agensi terkemuka seperti AMV BBDO, Mother dan JWT di mana pasangan itu bertemu di usia 20-an) namun dia mendorong semua itu di belakangnya untuk menemukan cara hidup yang lebih memuaskan."

Kecintaan seumur hidup pada satwa liar membawa Angela ke Tonga pada 2015 bersama suaminya James, di mana ia memenuhi mimpinya berenang dengan paus di Pasifik selatan, kata saudara laki-laki Angela, Nick Eleini, kepada The Guardian.

angela glover
Mendiang Angela Glover bersama anjing-anjingnya. (Instagram/@ifthegloverfits)

Tak hanya itu, Angela pun mendirikan Tonga Animal Welfare Society (TAWS) pada tahun 2020 untuk merawat hewan-hewan di pulau utama Tongatapu.

Dan, seolah membuktikan dedikasi dan kecintaanya akan hewan, Angela dilaporkan telah kehilangan nyawanya saat mencoba menyelamatkan anjing-anjingnya di sebuah pantai di pantai barat pulau itu. Suaminya lolos dari ombak dengan berpegangan pada pohon, kata Eleini.

Teman-teman di rumah di Inggris terus diperbarui tentang kehidupan baru Angela melalui posting Facebook reguler, berbagi kegembiraan dan tantangan dalam merawat hewan Tonga yang hilang dan terluka.

"Dia akan mengunggah secara produktif. Terus-menerus berbagi foto alam yang indah dan mengagumi dunia tempat dia tinggal. Dia benar-benar memiliki surga, tempat ajaib, tetapi dia hanya fokus menyelamatkan anjing-anjing," kenang Schellenberg.

TAWS didirikan dengan lima warga lainnya untuk mempromosikan kesejahteraan hewan, terutama penting karena tidak ada dokter hewan permanen di Tongatapu.

"Semakin jelek anjingnya, semakin dia menyukainya. Dia hanya mencintai mereka semua, dia benar-benar berdedikasi untuk itu," ungkap Eleini tentang cinta tak terbatas saudara perempuannya pada spesies itu.

Anjing yang dijuluki "Kepala Besar Kecil", karena kepalanya yang membesar, menginspirasi Angela untuk mendirikan TAWS. Dia sedang menulis cerita anak-anak tentang kehidupan anjing "istimewa", yang dia harap dapat digunakan untuk mendidik anak-anak setempat tentang penderitaan anjing jalanan di Tonga.

"Dia selalu berusaha untuk terhubung dengan anak-anak di komunitas tentang mencintai, memelihara, menghormati hewan dan lingkungan," tutur Schellenberg.

"Kami ingin mempromosikan hubungan yang lebih baik dengan hewan," uajr Angela kepada Radio Selandia Baru Pasifik pada Juni 2020.

"Ada perubahan positif yang besar dalam pendekatan masyarakat terhadap hewan, tetapi saya pikir orang Tonga tidak tahu ke mana harus pergi ketika mereka memiliki masalah dengan hewan mereka, jadi kami di sini untuk mendukung orang-orang di komunitas kami.”

"Dia adalah salah satu suar dalam hidup dan saya benar-benar tahu warisannya akan terus hidup," tulis Schellenberg dalam sebuah unggahan Facebook, menggambarkan keterkejutan dan kesedihannya atas kematian temannya.

Dalam pengumumannya, Pemerintah Tonga mengatakan pekerjaan sedang berlangsung untuk memulihkan komunikasi penuh ke rantai pulau, setelah kabel bawah laut tunggal terputus akibat letusan.

Proses evakuasi dari beberapa pulau yang paling parah dilanda bencana terus berlanjut, dengan tantangan abu vulkanik yang menyelimuti sebagian besar wilayah dan harus dibersihkan agar pesawat pengangkut bantuan bisa mendarat.

Dan tak kalauh penting, kKetika bantuan tersebut tiba, PBB telah berjanji untuk mencoba dan mempertahankan status bebas COVID-19 Tonga.