Terus Bertambah, Kini Vaksinasi Anak di Palangka Raya Capai 60 Persen
Vaksinasi Anak/Antara

Bagikan:

PALANGKARAYA - Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun atau tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat di wilayah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah telah tercapai 60 persen.

"Sampai kemarin, capaian sasaran vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah sekitar 60 persen. Angka itu terus bertambah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo di Palangkaraya, dilansir Antara, Jumat, 21 Januari.

Vaksinasi untuk anak usia sekolah dasar, di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itu merupakan perluasan sasaran vaksin, dari target yang ditetapkan sebelumnya oleh pemerintah setempat.

Penyuntikan vaksin COVID-19 untuk anak tingkat sekolah dasar ini akan terus dilaksanakan, guna meningkatkan kekebalan tubuh terhadap ancaman penyebaran virus corona. Seiring dengan peningkatan kekebalan tubuh, maka suatu kelompok masyarakat, termasuk di sekolah tidak akan mudah terjangkit virus.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya Akhmad Fauliansyah mengatakan, di "Kota Cantik", anak tingkat sekolah dasar sederajat tercatat sebanyak 32.083 orang. Jumlah itu terdiri dari 24.666 siswa SD dan 7.417 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Saat ini sejumlah sekolah tingkat SD di Kota Palangka Raya juga telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM) Terbatas. Selain menerapkan protokol kesehatan dan wajib memenuhi ketentuan, antisipasi penyebaran COVID-19 di sekolah juga diperkuat dengan vaksinasi untuk seluruh peserta didik.

Sementara itu, berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, sampai Kamis (20/01), secara umum, sebanyak 249.492 warga atau 111,67 persen, dari 223.417 target vaksinasi COVID-19 telah telah disuntik dosis pertama.

Kemudian, untuk vaksinasi COVID-19 di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah, pada dosis kedua telah tercapai 87,33 persen atau sebanyak 195.119 orang telah divaksin COVID-19.

Dalam rangka mempercepat capaian vaksin COVID-19, pemerintah Kota Palangka Raya bersama sejumlah pihak lain menggencarkan vaksinasi, baik yang dilakukan pusat layanan kesehatan maupun pihak lain.

Masyarakat di Kota Palangka Raya juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sehingga meminimalkan potensi dan mencegah penyebaran virus corona.