Menanti Pariwisata di Ibu Kota Negara yang Sudah Disiapkan Sandiaga Uno
Foto via Kementerian

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sudah membentuk tim untuk menyiapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kemenparekraf telah melakukan upaya-upaya mulai dari perencanaan sampai penganggaran untuk menyiapkan potensi wisata di IKN setelah DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi undang-undang, .

"Kami di Kemenparekraf sudah membentuk tim bagaimana untuk kebangkitan sektor Parekraf di IKN yang sekarang bernama Nusantara," ujar Sandiaga, Jumat 21 Januari.

Kata Sandiaga, pelaku Parekraf harus jeli melihat peluang di IKN Nusantara, terutama di sektor perhotelan hingga kuliner guna membuka lapangan kerja.

Dan yang perlu diingat, kehadiran IKN Nusantara bukan berarti berdampak buruk bagi sektor pariwisata di Jakarta.

"Hotel-hotel di DKI Jakarta bukan berarti terus turun. Kalau kita lihat dampak di Sydney dan Kuala Lumpur tidak ada penurunan tapi justru peningkatan kualitas. Karena itu jika dari sisi ekonomi, bisnis, justru orang akan datang ke Jakarta," ujar Sandiaga.

Lebih dari itu, Sandiaga menerangkan kunjungan masyarakat ke Jakarta akan tetap tinggi karena tetap menjadi kota bisnis. Pembangunan infrastruktur hingga moda transportasi di Jakarta diharapkan akan mengurangi kemacetan.

"Dari pembangunan infrastruktur, kemacetan tertangani, destinasi wisata bisa melayani. Ancol, Setu Babakan, Ragunan juga akan bertransformasi," ujar Sandiaga.