Pemkot Bandung Terapkan Lagi Tes Acak di Sekolah Antisipasi Omicron
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BANDUNG  - Pemerintah Kota Bandung menerapkan kembali tes COVID-19 secara acak kepada siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah guna mengantisipasi penyebaran varian Omicron.

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan saat ini terdapat enam warga yang terkonfirmasi Omicron. Antisipasi itu, kata dia, perlu dilakukan mengingat varian Omicron yang disebut menular lebih cepat.

"Nanti saya minta Dinkes (dinas kesehatan) lakukan lagi tes acak ya, di sekolah yang lakukan PTM," kata Yana dikutip Antara, Kamis, 20 Januari.

Menurut dia enam warga yang terkonfirmasi Omicron itu diduga tertular karena transmisi lokal. Pasalnya mereka menurutnya tidak memiliki riwayat perjalan luar negeri.

Dengan begitu, menurutnya varian Omicron kini telah terbukti ada di tengah masyarakat. Meski begitu, ia meminta masyarakat agar tidak panik menyikapi hal tersebut.

"Saya pikir waspada saja, panik nggak perlu, tapi saya bilang virus itu cenderung bermutasi, varian apa pun, tapi selama kita protokol kesehatan insyaallah kita terhindar," katanya.

Adapun enam orang tersebut dinyatakan terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pengetesan Whole Genome Sequecing (WGS) yang dilakukan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat. Enam orang itu diketahui merupakan warga Kota Bandung.

Selain tes acak kepada siswa, Yana mengatakan bakal kembali memperketat sistem bekerja para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkot Bandung.

Nantinya kapasitas ASN yang bekerja di kantor bakal dikurangi sebesar 25 persen. Sehingga menurutnya nanti hanya 75 persen ASN yang bisa bekerja di kantor atau Work From Office (WFO).

"Mungkin minggu depan, segera, ini kan kita harus siapkan regulasinya dulu di internal ya," kata dia.