VIDEO: Jokowi Setuju Nama Ibu Kota Negara yaitu Nusantara
Jokowi Setuju Nama Ibu Kota Negara yaitu Nusantara. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

Pemilihan nama ibu kota negara baru Indonesia akhirnya terungkap. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Pansus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN), Saan Mustopa, Senin, 17 Januari di Jakarta.

"Bisa kita sepakati ya pasal 1 nomor 2, jadi ibu kota negara Nusantara yang selanjutnya disebut sebagai ibu kota negara Nusantara adalah satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi, yang wilayahnya menjadi tempat kedudukan ibu kota negara sebagaimana ditetapkan dengan undang-undang ini," ujar Wakil Ketua Pansus Saan Mustopa dalam rapat panitia kerja pembahasan ibu kota negara baru, Senin, 17 Januari.

Lebih lanjut, Saan Mustopa mempersilahkan pemerintah yang akan memberikan penjelasan secara rinci.

"Kalau soal istilah, pasti pemerintah sudah merenunglah, kontemplasi, mencari kata yang terbaik kiri kanan. Tinggal kita minta penjelasan saja pemerintah kenapa dinamai nusantara, sepakat ya setuju ya?" kata Saan.

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, kembali menegaskan nama Nusantara sudah mendapatkan persetujuan Presiden Joko Widodo.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat, 14 Januari, dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Gedung DPR, Senin, 17 Januari.

Dalam acara Dies Natalis ke-67, Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Senin, 17 Januari, Presiden Jokowi juga memberikan gambaran tentang Ibu Kota Indonesia yang baru. Simak video lengkapnya berikut ini.