Kepala Bappenas Suharso: Nama Ibu Kota Negara Nusantara
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (ANTARA/HO-Bappenas)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkap, nama Ibu Kota Negara (IKN) yaitu Nusantara. Nama ini, menurutnya, sudah mendapatkan persetujuan Presiden Joko Widodo.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat, 14 Januari, dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Gedung DPR, Senin, 17 Januari.

Suharso menjelaskan, alasan pemilihan nama Nusantara lantaran sudah dikenal sejak dahulu dan menjadi ikonik di dunia internasional. Lagipula, kata dia, nama Nusantara menggambarkan kenusantaraan bangsa Indonesia.

"Saya yakin kita semua setuju dengan istilah Nusantara ini," katanya.

Sementara Ketua Panja RUU IKN Ahmad Doli Kurnia meminta pemerintah menyiapkan penjelasan dari penamaan Nusantara yang lebih rinci. Sebab kata dia, hal itu penting guna menambah pengetahuan.

Kendati begitu, Panja menyepakati penamaan tersebut. "Saya juga meminta pemerintah siapkan penjelasan agar Pasal 1 ini tidak multitafsir. Saya menilai IKN adalah statusnya namun namanya Nusantara," katanya.