Viral Gaya Hidup Mewah Bupati Penajam Paser Utara Sebelum Ditangkap KPK, Naik Jet Pribadi Sambil Disuapi Istri, Siapa Abdul Gafur Mas'ud?
Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud (Wardhani Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Viral video yang menampilkan gaya hidup mewah Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud sebelum ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam video tersebut tampak Abdul tengah asik menikmati jet pribadi bersama sejumlah orang yang diduga adalah keluarganya.

Selain itu terlihat pula momen romantis sang bupati calon ibu kota negara dengan istrinya sendiri.

Disebut dalam sebuah foto lain, Abdul tengah berada di satu ruangan dengan vespa, ada deretan mobil mewah.

Termasuk, sebuah mobil besar berbungkus plastik yang diyakini mobil mewah Hummer.

Lantas, siapa Abdul Gafur Mas'ud?

Abdul Gafur Mas'ud lahir di Balikpapan, 7 Desember 1987.

Ia merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan. Abdul Ghafur terpilih sebagai bupati pada periode 2018-2023.

Selain sebagai bupati, Abdul adalah seorang pengusaha kaya raya di Kalimantan. Ia adalah pendiri PT Petro Perkasa Indonesia.

Ia aktif di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), bahkan pernah menjadi Ketua Lemhanas Angkatan 4.

Sebagai pengusaha, maklum saja bila gaya hidupnya mewah.


Sebelumnya, KPK menangkap Abdul Gafur dalam operasi tangkap tangan di salah satu mal di Jakarta. Total, ada 11 orang yang ditangkap KPK dalam OTT pada Kamis, 13 Januari.

Setelah melakukan pemeriksaan, KPK menetapkan Abdul Gafur dan lima orang lainnya sebagai tersangka. KPK menduga Abdul Gafur memerintahkan Plt Sekda Penajam Paser Utara dan Kepala Dinas PU serta Kabid pada Dinas Pendidikan untuk mengumpulkan uang dari rekanan proyek.

Proyek yang dimaksud ialah proyek multiyears di Dinas PU dan Tata Ruang serta Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan nilai total Rp 112 miliar. Proyek itu antara lain pembangunan Jalan Sotek-Bukit Subur dengan nilai kontrak Rp 58 miliar dan proyek pembangunan gedung perpustakaan senilai Rp 9,9 miliar.

Selain itu, KPK menduga Abdul Gafur juga menerima duit atas penerbitan perizinan lahan sawit serta perizinan pemecah batu. Abdul Gafur juga diduga menerima Rp 1 miliar dari proyek jalan dengan nilai kontrak Rp 64 miliar.

Harta Abdul Gafur Mas'ud

Abdul Gafur Mas'ud yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) punya harta Rp36,72 miliar.

Total harta tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbarunya yang dilaporkan secara periodik per 26 Februari 2021. Dalam laporan itu disebutkan Abdul punya sejumlah aset, termasuk aset properti berupa tanah dan bangunan.

Dia tercatat memiliki sembilan aset tanah dan bangunan di Balikpapan dan satu di Kota Jakarta Barat. Adapun total nilai 10 tanah dan bangunan tersebut mencapai Rp34.295 miliar.

Selain itu, Abdul tercatat memiliki empat kendaraan senilai Rp509 juta. Kendaraannya berupa Mobil Ford Fiesta keluaran 2011, Mobil Honda City keluaran 2009, Mobil Honda CRV keluaran 2008, dan Motor Yamaha Mio Soul keluaran 2007.

Selanjutnya, dia juga mencatatkan harta bergerak lainnya senilai Rp1,37 miliar serta memiliki kas dan setara kas senilai Rp546 juta.