Ridwan Kamil Cenat-cenut Disuntik Vaksin COVID-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Instagram ridwankamil)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjalani penyuntikan percobaan vaksin COVID-19. Efeknya, lengan kiri Ridwan Kamil terasa pegal dan cenat-cenut.

“Tubuh saya sekarang secara resmi mengandung virus covid-19 yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Selama 5 menit pegal, cenat-cenut dan mati rasa agak terasa di sepanjang tangan kiri,” kata Ridwan Kamil lewat akun Instagram @ridwankamil, Jumat, 28 Agustus.

Tapi setelah 5 menit penyuntikan, kondisinya kembali normal. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjalani suntik uji coba vaksin COVID-19 di Puskesmas Garuda Bandung. 

“Hanya jadi rada mengantuk dan lapar yang tidak biasanya. Doakan semoga pasukan antibodi akan muncul setelah vaksinasi ini, sehingga jika virus aktif benerannya suatu hari hadir , maka tubuh ini bisa melawannya dengan maksimal,” imbuhnya.

Usai disuntik vaksin COVID-19, Kang Emil diharuskan melaporkan kondisi tubuhnya setiap hari melalui kertas rapor kepada tim peneliti

"Semoga tidak ada efek samping atau hal-hal yang kurang baik. Mari doakan semoga proses ini dilancarkan, agar pandemi ini bisa berakhir dengan baik dan tuntas. Aamiin,” tulis Kang Emil.

Sebelum disuntik vaksin COVID-19, Kang Emil menjalani pemeriksaan fisik dan uji swab Polymerase Chain Reaction (PCR).