Kabel Listrik Udara di Jalan Kalisari Terbakar, Pengendara Motor dan Mobil Putar Balik
"Disebabkan konsleting kabel dan merambat ke kabel lainnya hingga beberapa kabel terputus,"

Bagikan:

JAKARTA - Kabel listrik udara yang berada di Jalan Kalisari Raya, RT 06/01, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur mengeluarkan percikan api. Api membakar seluruh bagian kabel hingga menjalar ke tiang listrik dan pohon.

Akibat terbakarnya kabel listrik tersebut, sebagian kabel terputus dan nyaris mengenai warga dan pengendara motor yang melintas di jalan tersebut. Tak celaka, para pengendara terpaksa memutar balik lantaran takut terkena percikan api dari kabel yang terbakar.

Kasiop Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, kabel udara yang terbakar tersebut merupakan milik PLN. Penyebab diduga karena konsleting listrik.

"Awalnya PPSU melihat adanya percikan api di kabel PLN lalu mendatangi pos Damkar pekayon 520.1. Kita kerahkan 2 unit mobil Damkar dengan 10 personel ke lokasi," kata Gatot kepada wartawan, Kamis 13 Januari.

Beruntung api tidak menjalar ke ruko lainnya yang berada di sekitar objek kabel yang terbakar. Dalam waktu 15 menit, api berhasil dipadamkan petugas.

Petugas teknisi PLN, Nanang mengatakan, kebakaran kabel listrik ini akibat konsleting.

"Disebabkan konsleting kabel dan merambat ke kabel lainnya hingga beberapa kabel terputus," ujarnya.

Terbakarnya kabel listrik udara itu berimbas pada pemutusan aliran listrik. Kemudian petugas mengganti kabel yang hangus terbakar dengan kabel baru selama dua jam.