Hujan dan Angin Kencang Kemarin, 9 Pohon di Jakarta Pusat Roboh Timpa Kendaraan
Petugas mengevakuasi pohon tumbang di Wilayah Jakarta Pusat/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di Jakarta Pusat tumbang pada Rabu 12 Januari, malam.

Berdasarkan catatan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat terdapat 5 pohon tumbang dan 4 pohon sempal dengan sejumlah lokasi berbeda.

Pohon jenis beringin di area Puskesmas Gambir tumbang yang mengakibatkan satu mobil dan tiga motor rusak tertimpa pohon. Tumbangnya pohon jenis beringin ini tidak menyebabkan korban luka maupun jiwa.

Selajutnya pohon seri di Jalan Banyuwangi, Kecamatan Menteng berdiameter batang 25 cm mendadak tumbang. Pohon seri di Jalan Bungur, Kecamatan Kemayoran juga ditemukan tumbang merusak satu motor milik warga. Selanjutnya pohon jenis Amplas berdiameter 20 sentimeter di Jalan Kramat Raya, Kecamatan Senen, tumbang.

"Pohon beringin di Jalan Salemba Tengah, Kecamatan Senen dengan diameter batang 20 sentimeter juga tumbang. Tidak ada korban luka dan kerusakan motor," katanya, Kamis 13 Januari.

Sedangkan pohon sempal jenis jati terjadi di Masjid Sunda Kelapa, Kecamatan Menteng. Kemudian pohon karet di Jalan Teuku Umar, Menteng didapati sempal di bagian batang sekitar 40 sentimeter.

Kemudian pohon tanjung di Jalan Banyumas, Kecamatan Menteng dengan diametee 25 sentimeter juga alami sempal.

Bahkan pohon tabebuya yang berada di Kawasan Strategis Daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta di Jalan Cikini, Kecamatan Menteng juga sempal.

Kasi Jalur Hijau Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Budi Hidayat mengatakan, pohon tumbang akibat hujan pada Rabu kemarin sore berdampak pada batang pohon yang tidak dapat menahan terpaan angin. Kejadian tersebut mengakibatkan warga yang ingin melintas menjadi terganggu karena menghalangi jalan.

"Kami juga mengerahkan tiga armada truk untuk pengangkutan batang pohon tersebut dan satu mobil crane," katanya, Kamis 13 Januari.

Semua pohon tumbang dan sempal ini sudah ditindaklanjuti 20 personil PJLP dan dibantu PPSU dari kelurahan setempat.