Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon di Tiga Kecamatan Jaktim Tumbang Timpa Kendaraan dan Kios Bensin Eceran
Petugas mengevakuasi pohon tumbang di Wilayah Jakarta Timur/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Hujan deras dengan angin kencang yang menerpa wilayah Jakarta Timur mengakibatkan pohon di tiga wilayah Kecamatan Pulogadung, Kecamatan Pasar Rebo dan Kecamatan Duren Sawit, tumbang.

Satu pohon di Jalan Pulomas Raya, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung dilaporkan tumbang dan menutup sebagian akses jalan pengendara.

Kepala Seksi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menyampaikan pohon itu berjenis cemara dengan tinggi sekira enam meter.

"Untuk diameter pohonnya sekitar 30 sentimeter. Setelah mendapat laporan, kita langsung kerahkan satu unit light rescue berikut enam personel ke lokasi," kata Gatot, Rabu 12 Januari, malam.

Petugas mengevakuasi pohon tumbang di Wilayah Jakarta Timur/Foto: IST

Dengan menggunakan gergaji mesin serta perlengkapan evakuasi, enam petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur memotong batang pohon yang tumbang.

Batang pohon tersebut dipotong jadi sejumlah bagian kecil agar memudahkan evakuasi, proses evakuasi ini juga dibantu sejumlah personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

"Alhamdulillah tidak ada korban dan kerugian materil akibat pohon tumbang. Untuk evakuasi tidak ada kendala," ujar Gatot.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, pihaknya kembali mendapat laporan lagi ada satu pohon tumbang di Jalan Kalisari Raya, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo. Lokasi pohon tumbang itu tepatnya di depan SMK Budiwarman.

Tak ada korban jiwa, namun satu kios bensin eceran yang berada dekat lokasi kejadian, tertimpa batang pohon jenis Glodokan dengan tinggi sekira 20 meter dan berdiameter 60 sentimeter.

"Kita kerahkan satu unit light rescue berikut lima personel untuk melakukan evakuasi. Untuk kerugian materil sekitar Rp50 juta," ucapnya.

Selanjutnya, laporan satu pohon jenis Petai Selong di kawasan Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit juga tumbang menimpa sebuah mobil dan sepeda motor.

Menurut Umi, salah satu saksi mata mengatakan, pohon setinggi sekira delapan meter dan berdiameter 60 sentimeter itu tumbang karena terdampak hujan deras dan angin yang menyertainya.

"Motor sama mobil yang tertimpa itu pas kejadian lagi parkir dekat lokasi. Tapi enggak parah rusaknya, cuman tertimpa dahan saja," ucapnya.