Banjir di Aceh Jaya dan Aceh Barat Berangsur Surut
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kondisi banjir di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, berangsur surut.

"Sebelumnya sempat dilaporkan terisolir akibat banjir dengan tinggi muka air (TMA) bervariasi antara 20 cm hingga 70 cm," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dikutip Antara, Selasa, 11 Januari. 

Abdul mengatakan total korban banjir berjumlah 299 KK (Kepala Keluarga) atau sebanyak 1.058 jiwa.

Sejumlah desa yang dilanda banjir tersebar di empat kecamatan antara lain Kecamatan Indra Jaya tepatnya Desa Ceunamprong, kemudian Kecamatan Krueng Sabee yakni di Desa Keude Kreung Sabee, Dayah Baro, Panton Makmur, Blang dan Keutapang.

Kemudian Kecamatan Setia Bakti tepatnya di Desa Baroe Sayeung dan Lhok Boat. Kecamatan terakhir yakni Kecamatan Sampoiniet yakni di Desa Blang Monlueng.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat guna melakukan pendataan, evakuasi warga korban dan mendirikan tenda pengungsi, selain itu petugas juga melakukan pembersihan sistem drainase dengan menggunakan alat berat.

Sementara itu BPBD Kabupaten Aceh Barat Daya melaporkan dua kecamatan dilanda banjir di wilayahnya, yakni Kecamatan Blangpidie tepatnya di desa Alue Mangota dan Kecamatan Setia tepatnya di Desa Drien Payeh, Ujung Tanoh dan Tangan-tangan Cut.

Terdapat 50 unit rumah dan lahan pertanian terendam dengan TMA 25 cm hingga 50 cm. BPBD juga melaporkan satu keluarga yang sempat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kondisi terkini banjir telah surut, warga dibantu petugas BPBD membersihkan material lumpur sisa banjir.