Hampir Seharian di Zona Merah, Rupiah Akhirnya Ditutup Menguat
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot berhasil berbalik arah di akhir perdagangan hari ini, Kamis 27 Agustus. Setelah pagi tadi dubuka menguat dan bergerak melemah seharian, rupiah spot ditutup di level Rp14.660 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rupiah berhasil menguat 0,12 persen dibandingkan penutupan kemarin di level Rp14.678 per dolar AS. 

Hingga pukul 15:00 WIB, pergerakan sebagian besar mata uang di Asia pun menguat. Jelang sore ini, hanya peso Filipina dan yen Jepang yang berada di zona merah.

Peso Filipina melemah 0,22 persen dan menjadi mata uang dengan pelemahan terdalam di kawasan. Sedangkan yen Jepang turun 0,02 persen terhadap dolar AS.

Sementara rupee India berhasil menjadi mata uang dengan penguatan tertinggi setelah naik 0,55 persen. Diikuti oleh baht Thailand yang menanjak 0,20 persen dan yuan China yang terkerek 0,16 persen.

Selanjutnya ada won Korea yang terapresiasi 0,15 persen. Diikuti dolar Singapura yang menguat 0,08 persen terhadap dolar AS.

Berikutnya, dolar Taiwan naik 0,07 persen serta ringgit Malaysia yang terkerek 0,04 persen. Sementara dolar Hong Kong pun berhasil menguat tipis 0,004 persen terhadap dolar AS jelang siang ini.