Cara Erick Thohir Wujudkan Visi Mencapai Indonesia Emas Tahun 2045
Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan visi untuk membangun Indonesia ke depan yaitu mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.

Hal tersebut terungkap pada saat Erick Thohir menghadiri acara kegiatan dengan tema Grand Design Menuju Indonesia Emas 2024: Mengulas Visi Indonesia Maju Presiden Jokowi di Auditorium Universitas Sumatera Utara.

Erick menyampaikan terima kasih ke Presiden Jokowi karena menolak ekspor bahan mentah pada pertemuan internasional. Menurutnya, hal itu merupakan langkah berani dan akan menyelamatkan sumber daya alam bangsa ini.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden tidak mau tanda tangan, karena ketika tanda tangan, role-nya kita kirim tanpa ada supply chance,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Erick menyampaikan bahwa knowledge base economy merupakan hal yang penting untuk diterapkan agar Indonesia Emas 2045 bisa segera tercapai.

Dia menilai pertumbuhan ekonomi saat ini tidak boleh hanya bergantung pada SDA saja, tetapi juga harus didukung oleh teknologi.

"Kita selama ini hanya berharap pada sumber daya alam, di mana bisa habis dan bisa tidak dipakai lagi kemudian hari. Makanya, tantangan kita ke depan terletak pada knowledge base economy. Sekarang eranya manusia yang jadi pusat pertumbuhan," kata Erick.

Pemerintahan Jokowi memang sangat fokus dalam membangun infrastruktur. Di era Jokowi telah lebih dari 1.500 kilometer jalan dibangun yang dapat meningkatkan konektivitas dan ekonomi masyarakat.

Bukan hanya jalan, tetapi bendungan, bandara, perbatasan tak luput dari perhatian pemerintahan Presiden Jokowi.