Ratusan Orang Terjebak Reruntuhan Bangunan Tua di India Barat
Ilustrasi (Unsplash/Jared Brashier)

Bagikan:

JAKARTA - Runtuhnya gedung lima lantai di Kota Industri India Barat membuat ratusan orang terjebak di dalamnya. Hal itu diungkapkan oleh anggota parlemen setempat, Bharatshet Maruti Gogawale pada Senin, 24 Agustus.

Menurut keterangan Gogawale, dari sekitar 200 orang penghuni gedung di Mahad, ada 100-125 orang yang berada di gedung. Oleh karenanya, ketika gedung runtuh pada malam hari, mereka yang berada di dalam gedung otomatis terjebak puing-puing bangunan.

"Saya yakin sekitar 100-125 orang pasti ada di dalam saat runtuh," kata Gogawale, yang hadir di lokasi tersebut, kepada Reuters. Meski begitu, pihak berwenang belum dapat memastikan penyebab runtuhnya gedung dan jumlah korban jiwa. 

Namun sekitar 30 orang telah diselamatkan oleh tim penyemat dan warga sekitar. Lantas, proses evakuasi korban dari bangunan yang memiliki 47 flat masih terus diupayakan hingga hari ini.

Atas kejadian itu, kepanikan melanda warga sekitar runtuhnya bangunan. Suasana menegangkan itu terekam dalam saluran televisi lokal yang menunjukkan rekaman puing-puing di mana orang-orang terperangkap. Lewat rekaman itu pula, sebuah ambulans tampak hilir-mudik di daerah itu.

Kepala menteri kawasan kawasa Maharashtra, Uddhav Thackeray mencoba meyakinkan warga untuk tak panik. Pasalnya, pemerintah setempat telah menurunkan tim untuk melakukan penyelamatan dan mengirim bantuan ke lokasi reruntuhan.

Tercatat, tiga tim dari pasukan Tanggap Bencana Nasional India telah diturunkan untuk melakukan penyelamatan. Meski begitu, runtuhnya bangunan tua memang sudah menjadi masalah menahun yang terjadi di banyak kawasan di India. Apalagi, menurut data dari Biro Catatan Kejahatan Nasional lebih dari 1.200 orang tewas dalam 1.161 kasus bangunan runtuh di seluruh India pada tahun 2017.