Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Catat Kenaikan Penumpang hingga 56 Persen saat Libur Natal-Tahun Baru
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali/ANTARA

Bagikan:

BADUNG - Posko angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali resmi ditutup setelah 19 hari berjalan sejak dibuka tanggal 17 Desember 2021.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y Sikado mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Posko angkutan Natal-Tahun Baru 2021 dan 2022.

"Seluruh stakeholder yang terkait telah melaksanakan fungsi dan perannya masing-masing dalam kelancaran, keselamatan, keamanan operasi penerbangan di Bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, secara baik dan sesuai prosedur," kata Herry, Rabu, 5 Januari.

Pelaksanaan angkutan natal dan tahun baru 2021 dan 2022 dilakukan pada saat dunia global termasuk Indonesia mengalami pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya pulih.

Isu munculnya virus varian baru COVID-19 yakni omicron membuat semua pihak baik dari sektor transportasi maupun sektor kesehatan menjadi lebih waspada dan berhati-hati dalam penerapan protokol kesehatan selama periode angkutan Natal-Tahun Baru.

"Berdasarkan data selama periode nataru 17 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022 terjadi peningkatan jumlah arus penumpang domestik datang maupun berangkat saat ini di bandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," ujarnya.

"Pada periode nataru tahun ini jumlah penumpang yaitu 406.682 penumpang, naik sekitar 56.05 persen dibandingkan periode nataru tahun sebelumnya yakni 260.476 penumpang. Jumlah arus pergerakan penumpang datang maupun berangkat tertinggi atau puncaknya terjadi pada tanggal 19 Desember 2021 sebesar 28.975 penumpang. akhir masa nataru terjadi puncak arus balik sebesar 24.731 penumpang yakni pada tanggal 2 Januari 2022," papar dia.

Sementara, untuk arus pesawat udara domestik datang maupun berangkat mengalami penurunan sebesar  6,15 persen selama periode nataru dengan jumlah total 3.299 pergerakan pesawat udara di bandingkan periode nataru tahun sebelumnya yaitu 3.515 pesawat udara.

"Capaian ini, merupakan andil dari seluruh komunitas bandar udara. Saya, optimistis bahwa tingkat kunjungan di tahun ini akan semakin meningkat dan oleh karenanya, saya memohon kerja sama dan sinergi untuk dapat terus menerus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandar udara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Putu Eka Cahyadhi\, menilai kegiatan posko terpadu angkutan nataru 2021 dan 2022, berjalan lancar, aman dan terkendali. 

"Berbagai regulasi baik yang berkaitan dengan protokol kesehatan telah dilaksanakan oleh unsur-unsur terkait baik penyelenggara bandara, maskapai, ground handling, instansi pemerintah serta tim posko nataru Bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai," ujarnya.