Bandara Ngurah Rai Bali Terima 2 Penerbangan Baru Jelang Libur Natal
Maskapai Xiamen Air saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali/FOTO Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bagikan:

DENPASAR - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, menerima dua penerbangan baru menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari maskapai lokal dan internasional.

Kedua maskapai tersebut melayani rute domestik yang menghubungkan Bali dengan Kupang dan rute internasional yang menghubungkan Bali dengan Fuzhou, China.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan  mengatakan penambahan dua penerbangan baru dari maskapai Air Asia dan Xiamen Airlines di momentum libur akhir tahun ini sangat tepat, karena lalu lintas penerbangan cenderung meningkat pada masa sekarang.

"Periode Natal dan tahun baru merupakan peak season dan pada periode ini Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata yang paling diminati oleh wisatawan domestik maupun internasional. Dengan penambahan rute tersebut, kami harap dapat semakin mendorong peningkatan lalu lintas penerbangan pada periode tersebut," kata dia, Senin, 18 Desember.

Bandara Ngurah Rai memperkirakan rata-rata jumlah penumpang domestik di periode Natal dan tahun baru akan meningkat hingga 25 persen dari hari biasa yaitu dari 28 ribu menjadi 35 ribu per hari.

Kemudian, untuk penumpang internasional diprediksi naik 7 persen dari rata-rata harian 30 ribu menjadi 32 ribu, sehingga momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik seperti oleh dua penerbangan baru yang masuk ini.

Handy menyebut untuk maskapai Air Asia mendaratkan penerbangan barunya dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali ke Bandara El Tari Kupang (Bali-Kupang) dengan nomor penerbangan QZ 632 pada Sabtu (16/12/2023) pukul 15.15 WITA dengan menggunakan pesawat Airbus A320.

Saat itu, pesawat mengangkut 184 penumpang, mereka kemudian balik dari Kupang ke Bali dengan nomor penerbangan QZ 633 di hari yang sama membawa 163 penumpang untuk selanjutnya terbang reguler tiap Selasa, Kamis, dan Jumat.

Kemudian, penerbangan baru dari Xiamen Airlines mendarat di Bali pada Minggu (17/12/2023) dengan nomor penerbangan MF 8657 rute Fuzhou-Bali menggunakan pesawat Boeing 737-800 Max, yang mengangkut 167 penumpang dan kemudian kembali dengan nomor penerbangan MF 8658 mengangkut 177 penumpang untuk selanjutnya terbang reguler setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.

Handy mengatakan dengan penambahan rute artinya Bandara Ngurah Rai tahun ini telah melayani 20 rute domestik dengan 11 maskapai dan 37 rute internasional dengan 37 maskapai.

"Kami ucapkan selamat kepada Indonesia Air Asia dan Xiamen Airlines atas penambahan rute terbarunya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Dengan bertambahnya rute oleh masing-masing maskapai, kami harap dapat meningkatkan konektivitas Bali dengan berbagai destinasi dalam negeri maupun mancanegara. Kami juga berharap penambahan ini akan memiliki dampak positif bagi pertumbuhan pariwisata di Bali, khususnya pada periode peak season Natal dan tahun baru," ujarnya.