Pria WN Inggris Positif COVID-19 di Medan, Bobby Nasution Masih Tunggu Hasil Cek Balitbangkes soal Variannya
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO: Satria H-VOI

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut warga negara Inggris terpapar COVID-19 di Medan. Tapi soal varian COVID-19, Bobby masih menunggu hasil pengecekan Kementerian Kesehatan.

"Kami sampaikan betul warga negara Inggris pasien positif COVID-19 yang tadi ada isunya diduga omicron. Namun di sini kami sampaikan kami masih menunggu hasil PCR sudah dikirim ke Balitbangkes yang ada di Jakarta," kata Bobby Nasution, Rabu, 5 Januari. 

Bobby Nasutin menjelaskan, pengiriman sampel PCR warga negara Inggris tersebut dilakukan untuk mengetahui jenis varian COVID-19 yang menularinya. Saat ini, pasien dalam kondisi baik tanpa gejala.

"Kami masih menunggu untuk konfirmasi varian apa warga negara Inggris ini. Mungkin salah satu isunya kenapa dibilang omicron karena negara asal tujuan pasien ini dari negara yang lagi berkembang kasus omicron. Namun belum bisa kita pastikan varian apa," ujarnya. 

Bobby Nasution menjelaskan, masuknya pria Inggris tersebut ke Indonesia bukan perjalanan wisata. Pria itu, katanya, merupakan kru pesawat kargo. 

"Ini dia kru pesawat kargo, yang terbang dari Inggris ke Belgia, dari Belgia menuju Singapura. Namun arround di Kualanamu 1 malam dan menginap di Hotel Horison. Namun karena surat PCR-nya kedaluwarsa, diharuskan tes ulang untuk terbang meninggalkan Indonesia. Ketika di swab hasilnya positif," sebutnya. 

"Karena warga negara Inggris, langsung dikirim ke Balitbangkes untuk melihat varian apa. Jadi satu hari saja di Horison, karena bukan tujuannya ke Indonesia, mau ke Singapura," papar Bobby Nasution.