Kapolda Metro Bakal Buat Taman Demokrasi, Ruang Bagi Pengunjuk Rasa Salurkan Aspirasi
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berencana membuat Taman Demokrasi. Taman ini menjadi ruang bagi pengunjuk rasa menyalurkan aspirasi.

"Di tahun 2022 Polda Metro Jaya akan menghadirkan Taman Demokrasi untuk meningkatkan indeks demokrasi di ibu kota. Jadi mereka yang unjuk rasa perlu dapat ruang dan tempat kami akan FGD siapkan ruang," ujar Fadil di Polda Metro Jaya, Kamis, 30 Desember.

Dalam rencananya, Fadil mengaku sudah memilih beberapa lokasi. Tapi Fadil belum merinci lokasi yang dimaksud itu.

Dengan Taman demokrasi, diharapkan unjuk rasa atau demonstasi di jalan raya berkurang agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat Ibu Kota.

"Ada beberapa titik disepakati jadi bagi mereka yang mau unjuk rasa silahkan di sana. Apalagi pandemi masih terjadi sehingga Jakarta damai adem dan hargai kebebasan pendapat dapat diwujudkan," kata Fadil.

Dalam paparan akhir tahun, Irjen Fadil menyebutkan jumlah aksi demonstrasi di 2021. Ada 1.261 aksi demonstrasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Terendah pada bulan Juli dengan 13 aksi karena bulan Juli ada peningkatan COVID-19. Kemudian tertinggi pada Maret dengan 202 aksi," kata Irjen Fadil.