Satgas COVID-19 Mataram Siapkan Tempat Karantina Antisipasi Lonjakan Kasus
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MATARAM - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan tempat tidur karantina untuk mengantisipasi lonjakan kasus setelah libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Mataram I Nyoman Swandiasa mengatakan, pada prinsipnya tempat tidur dan kamar rawat inap untuk pasien COVID-19 di Kota Mataram sudah sangat siap.

"Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram kita punya sekitar 50 bed isolasi COVID-19, belum lagi RS darurat di dua hotel dengan kapasitas 80 tempat tidur juga tersedia," katanya dikutip Antara, Rabu, 29 Desember. 

Swandiasa yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram juga mengatakan, "bed" karantina yang disiapkan tersebut sifatnya dinamis.

"Artinya, meskipun dua RS darurat saat ini sudah ditutup tapi ketika terjadi lonjakan kasus, kita bisa buka segera. Begitu juga dengan Wisma Nusantara sebagai pusat karantina pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru tiba," katanya.

Menurut Swandiasa, langkah antisipasi lonjakan kasus COVID-19 perlu dilakukan apalagi setelah ditemukan kembali pasien terkonfirmasi positif COVID-19, setelah satu bulan lebih Mataram nol kasus baru COVID-19.

Pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 melalui pemeriksaan PCR pada Selasa, 28 Desember, itu merupakan warga Punia usia 54 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan sekarang sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Kota Mataram.

Sementara sesuai dengan ketentuan untuk mencegah penyebaran Omicron, lanjutnya, sampel hasil tes PCR warga yang memiliki penyakit komorbit tersebut telah dikirim ke Laboratorium Kementerian Kesehatan sebagai tindaklanjut untuk mengetahui jenis COVID-19 yang diderita.

"Kita ingin pastikan apakah COVID-19 jenis Delta atau Omicron yang diderita sehingga kita bersama tim medis bisa mengetahui langkah apa yang akan diambil untuk menindaklanjuti pasien tersebut," katanya.