Antisipasi Lonjakan COVID-19, Bandar Lampung Siapkan Ruang Isolasi di RSUD Dadi Tjokrodipo
Ilustrasi pasien COVID-19. (Antara)

Bagikan:

LAMPUNG - Sebanyak 40 tempat tidur di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung disiapkan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

"Kami sudah siapkan 40 tempat tidur di RSUD A. Dadi Tjokrodipo untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kasus COVID-19 dari Omicron varian BA.4 dan BA.5," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung Desti Mega Putri di Bandar Lampung, dikutip dari Antara, Selasa 12 Juli.

Hingga saat ini, kata dia, 40 tempat tidur yang disediakan di RSUD tersebut belum terpakai karena pasien COVID-19 hanya bergejala ringan sehingga mereka melakukan isolasi mandiri.

"Meski sudah disiapkan tempat tidur untuk antisipasi lonjakan tentunya saya harap kasus COVID-19 di Bandarlampung tetap melandai," kata dia.

Oleh sebab itu, ia meminta warga setempat tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam beraktivitas, terutama penggunaan masker serta melakukan vaksinasi ketiga guna memperkecil kemungkinan terpapar COVID-19.

"Untuk warga saya harap prokes tetap memperketat prokes sebab pandemi COVID-19 belum usai," kata dia.

Pihaknya masih aktif melakukan skrining COVID-19 di seluruh puskesmas di kota ini.

"Semua suspek dilakukan pemeriksaan dengan rapid (tes cepat) antigen. Kemudian pelacakan kasus kontak positif COVID-19, meliputi kontak erat, kontak dekat, dan kontak sosial akan kami telusuri juga," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan membuat edaran agar seluruh rumah sakit menyiapkan 10-30 persen dari total tempat tidur pasien untuk antisipasi lonjakan kasus COVID-19.