Pria Bersenjata Terobos Kastil Windsor, Inggris Perketat Kepemilikan <i>Crossbow</i>
Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel. (Wikimedia Commons/U.S. Department of Homeland Security)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel memerintahkan peninjauan undang-undang seputar kepemilikan panah, setelah seorang pria membawa crossbow ditangkap lantaran menerobos halaman Kastil Windsor saat Ratu Elizabeth II merayakan Natal di sana.

Di bawah undang-undang saat ini, orang yang berusia di atas 18 tahun dapat secara legal membeli atau memiliki panah otomatis (crossbow) tanpa memerlukan lisensi atau cek apa pun.

Merupakan pelanggaran bagi siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun untuk membeli atau menyimpan panah otomatis atau siapa pun yang menjual panah otomatis kepada seseorang yang berusia di bawah 18 tahun.

Seorang juru bicara Departemen Dalam Negeri, mengatakan departemen telah diinstruksikan oleh menteri dalam negeri untuk mencari cara yang mungkin untuk 'memperkuat kontrol' pada senjata.

Rencana ini keluar setelah seorang pria berusia 19 tahun yang bersenjatakan panah ditangkap di Kastil Windsor pada Hari Natal. Polisi Metropolitan mengatakan, individu yang berasal dari Southampton, telah ditahan di bawah Undang-Undang Kesehatan Mental.

"Crossbows tunduk pada kontrol dan undang-undang diberlakukan untuk menangani mereka yang menggunakannya sebagai senjata," jelas juru bicara Home Office, dikutip dari Sky News 29 Desember.

"Atas permintaan menteri dalam negeri, kami sedang mempertimbangkan opsi untuk memperkuat kontrol pada busur silang. Pekerjaan ini telah berlangsung sepanjang tahun, dan kami terus meninjau semua undang-undang yang relevan untuk menjaga keselamatan publik," sambung juru bicara tersebut.

ilustrasi crossbow
Ilustrasi Crossbow. (Wikimedia Commons/Polaris)

Polisi juga meninjau video yang tampaknya menunjukkan sosok bertopeng dalam tudung gelap memegang panah dan berbicara ke kamera dengan suara yang menyimpang, mengatakan mereka ingin "membunuh Ratu" dalam misi "balas dendam".

Ratu Elizabeth II diketahui telah menghabiskan Natal di Windsor tahun ini bersama PangeranCharles dan Camilla, Pangeran Edward dan Sophie, Countess Wessex, setelah membatalkan rencana tradisional di Sandringham karena COVID-19.

Sumber Whitehall dilaporkan mengatakan, para pejabat telah diperintahkan untuk "memasukkan pelajaran apa pun" dari insiden Kastil Windsor ke dalam tinjauan undang-undang panah otomatis, menurut Daily Telegraph.

Saat ini, panah juga dapat dianggap sebagai senjata ofensif dan dilarang dibawa di tempat umum, tanpa otoritas yang sah atau alasan yang masuk akal.

Tuntutan untuk peraturan yang lebih ketat awalnya dimulai setelah pemeriksaan lima hari atas kematian Shane Gilmer pada Bulan April. Gilmer, 30, meninggal setelah tetangganya, Anthony Lawrence, masuk ke rumahnya pada Januari 2018 dan menembak dia dan rekannya Laura Sugden. Nama terakhir selamat dari serangan itu.

Terkait insiden tersebut, pakar coroner Profesor Paul Marks mengatakan dia khawatir tidak ada kontrol, catatan, atau persyaratan lisensi yang berkelanjutan untuk busur, tidak seperti untuk senjata api, dalam laporannya kepada Menteri Patel pada Bulan Mei.

Dia menambahkan, ini membuat "polisi tidak memiliki catatan tentang siapa yang memiliki panah, bagaimana mereka disimpan (atau) nomor yang beredar".

Pemeriksa meminta pemerintah untuk meninjau Crossbows Act 1987 dan Offensive Weapons Act 2019, "dengan tujuan mengatur penjualan dan kepemilikan senjata mematikan ini".