Jalan dan Jembatan di Pulau Sumba NTT Terdampak Banjir dan Tanah Longsor
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

KUPANG - Banjir dan tanah longsor menyebabkan beberapa bagian jalan dan jembatan yang ada di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, tidak bisa dilalui kendaraan bermotor karena tergenang atau tertimbun longsoran tanah.

Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto mengatakan Jembatan Lendiwacu di Desa Praikaroku dan Jembatan Langgaliru di Desa Padiratana, Kecamatan Umbu Ratungay, Kabupaten Sumba Tengah, tergenang akibat banjir.

"Banjirnya sangat deras. Airnya meluap sampai ke atas jembatan, sehingga disarankan kendaraan tidak melintas," katanya dikutip Antara, Selasa, 28 Desember.

Selain itu, menurut dia, ada beberapa bagian jalan yang tertimbun longsoran tanah sehingga tidak bisa dilalui kendaraan di Sumba Barat dan Sumba Tengah.

"Jalan masih dibersihkan, semoga tidak ada lagi longsor baru di sejumlah ruas jalan nasional ini," katanya tanpa memerinci bagian-bagian jalan yang tertutup longsoran tanah.

Irwan mengatakan, kepolisian sejak Senin, 27 Desember sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah untuk mendatangkan alat berat guna membersihkan jalan yang tertutup longsoran tanah.