BMKG Keluarkan Peringatan Dini Sejumlah Wilayah di NTT Dilanda Hujan dalam 3 Hari ke Depan
Ilustrasi - Hujan mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT (DOK ANTARA)

Bagikan:

KUPANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan ringan hingga deras di sejumlah wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam tiga hari ke depan.

"Hujan ringan hingga deras di sejumlah wilayah NTT berpotensi terjadi akibat kelembaban udara dari lapisan atas hingga bawah yang cukup basah," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi dalam keterangan yang diterima di Kupang dikutip dari Antara, Kamis, 11 Agustus. 

Agung menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT dalam tiga hari (11-13 Agustus) ke depan. Sejumlah daerah yang berpotensi dilanda hujan yaitu di Pulau Flores yaitu di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka.

Selain itu di Pulau Timor yaitu Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, serta di Pulau Sumba yaitu Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Agung menjelaskan meskipun saat ini NTT sudah memasuki musim kemarau namun kelembaban udara cukup basah menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di berbagai daerah tersebut cukup tinggi.

Ia mengimbau masyarakat di wilayah yang berpotensi terdampak agar mewaspadai potensi hujan tersebut yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

"Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan untuk meminimalisir dampak cuaca," katanya.

Agung mempersilakan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam.