Bagikan:

JAKARTA - Penggalian arkeologis di Sisilia, Italia telah menemukan jejak pembom medium Amerika Serikat (AS) yang hilang pada Perang Dunia II yang ditembak jatuh pada tahun 1943, dan kemungkinan sisa-sisa manusia yang dapat mengarah pada identifikasi lima penerbang yang mayatnya tidak pernah ditemukan.

Penggalian enam minggu yang berakhir pekan lalu dilakukan oleh tim dari Badan Akuntansi Pertahanan POW/MIA Pentagon, yang menemukan dan mengidentifikasi personel militer AS yang hilang di seluruh dunia.

Situs dekat Sciacca diidentifikasi pada 2017 oleh penyelidik menggunakan catatan sejarah dan detektor logam.

Penggalian tahun ini menemukan puing-puing "yang konsisten dengan pesawat B-25 Mitchell," kata arkeolog Clive Vella, direktur ilmiah ekspedisi, yang berkontribusi pada harapan, setiap sisa yang dikonfirmasi akan dikaitkan dengan awak yang hilang.

"Kami berutang jawaban yang akurat kepada keluarga (mereka)," kata Vella kepada Associated Press, mengutip Euronews 24 Desember.

Pembom medium B-25 Mitchell Amerika dengan enam awak adalah salah satu dari 52 kehilangan udara dengan personel yang hilang di daerah itu selama Perang Dunia II, sebagian besar selama 1943 ketika Sekutu mendesak ke tenggara Sisilia.

pembom b25
Ilustrasi pesawat pembom B-25 Mitchell. (Wikimedia Commons/TMWolf)

Pesawat itu ditembak jatuh saat menargetkan landasan udara Jerman yang disamarkan di tengah kebun zaitun dan padang rumput pada 10 Juli 1943. Sebuah laporan militer Jerman mendokumentasikan jatuhnya pesawat AS sekitar dua kilometer (lebih dari satu mil) dari bandara Sciacca, terang Vella.

Seorang anggota kru segera ditemukan dan dimakamkan di pemakaman kota. Mayat itu diklaim pada tahun 1944 oleh pejabat militer AS, tetapi lima penerbang lainnya masih hilang.

Dalam beberapa dekade berikutnya, lokasi kecelakaan "seperti kebanyakan tempat lain di wilayah Mediterania, mencari logam, tanah dikembalikan ke penggunaan aslinya. Bekas luka kecelakaan sebagian besar hilang," papar Vella.

Bukti, yang mencakup kemungkinan tulang manusia serta sisa-sisa pesawat yang potensial, telah dibawa ke laboratorium di AS untuk diperiksa.

Untuk diketahui, ada lebih dari 81.600 personel militer AS yang hilang di seluruh dunia, termasuk 72.350 dari Perang Dunia II, 7.550 dari Perang Korea dan 1.584 dari Perang Vietnam. Lebih dari 41.000 dari total diperkirakan hilang di laut.