Ridwan Kamil: Negara Jamin Keamanan Bagi Warga Beribadah Natal
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan keamanan dan kondusivitas pelaksanaan ibadah pada Hari Raya Natal Tahun 2021 di wilayah Jawa Barat dan negara menjamin keamanan pelaksanaan ibadah umat Kristinani.

"Dan Insyaallah yang disampaikan ialah Jawa Barat sedang sangat aman dan kondusif. Sehingga dipersilakan bagi warga Kristiani untuk melaksanakan Natal dengan aman dan tenang. Dijamin 1.000 persen keamanannya oleh negara," kara Ridwan Kamil saat Apel Gelar Pasukan TNI/Polri dalam Rangka Persiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Diponegoro, Kota Bandung dikutip Antara, Kamis, 23 Desember.

Pihaknya juga telah melihat situasi laporan dari intelijen, laporan dari kemasyarakatan dan laporan dari semua pihak terkait situasi keamanan.

Walaupun kondusif, kata Ridwan Kamil, pihaknya menegaskan untuk memperketat penggunaan ruang publik dan tempat wisata dari potensi kerumunan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Pihaknya mencatat personel keamanan dari TNI/Polri 170.000 personel disiapkan di seluruh Indonesia termasuk di Jawa Barat namun mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum selesai serta ada ancaman Umicron.

Karena itu, sesuai edaran Menteri Agama agar ibadah digelar secara hibrid dan kapasitas 50 persen.

"Semoga ini dipahami dipatuhi tanpa mengurangi kehikmatan kita dan mereka yang sedang beribadah," ujarnya.

Di luar pelaksanaan ibadah Natal, lanjut dia, pihaknya juga memprediksi terjadinya pergerakan.

Menurut Ridwan Kamil kepolisian sudah mengantisipasi dengan pos-pos keamanan di berbagai titik strategis.

"Lalu juga dikombinasikan dengan random antigen untuk memastikan yang berpergian itu aman, kemudian juga ada vaksinasi yang sifatnya situasional dilakukan," katanya.