Bagikan:

JAKARTA - Seorang wanita Hungaria bernama Etelka Józsefné Kajdácsi - yang dikenal secara lokal sebagai 'Bibi Eta', kembali membuka negeri ajaib musim dinginnya yang terkenal, setelah absen selama satu tahun.

Terletak di kota kecil Hungaria, Dabas, dekat Budapest, rumah ini telah menjadi daya tarik yang meriah, menarik pengunjung dari jauh dan luas saat Natal dan Musim Dingin.

Mengutip Euronews 20 Desember, Bibi Eta mulai memasang dekorasi sepuluh tahun yang lalu, untuk menghibur cucu-cucunya, tetapi tidak dapat membuka rumah dan kebunnya tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Sekarang ada dekorasi baru dua kali lebih banyak, termasuk Santa bernyanyi seukuran manusia, rusa kutub yang bersinar, dan beberapa kilometer lampu Natal.

Semua anak, cucu, dan menantu Bibi Eta bekerja selama dua minggu untuk memastikan setiap perhiasan terakhir ada di tempatnya. Upaya mereka tidak sia-sia, karena pengunjung datang dari Prancis untuk mengagumi hasilnya.

rumah natal bibi eta
Rumah Natal Bibi Eta di Hungaria. (Sumber: Facebook Eta néni háza)

Bagian dari pesonanya adalah Bibi Eta sendiri, yang menyambut seluruh tamu setiap hari antara pukul 16:00 hingga 20:00 waktu stempat. Bahkan, Ia menyediakan makanan buatan sendiri secara gratis.

"Saya berbicara dengan orang-orang, menanyakan dari mana mereka berasal," ujar Bibi Eta kepada Euronews.

"Senang melihat kegembiraan di wajah orang-orang ketika mereka menyadari bahwa datang ke sini dari jauh sangat berhargaa," sambungnya.

Tidak semuanya di sini didekorasi. Setiap tahun, keluarga memasang pohon Natal tanpa dekorasi, sehingga pengunjung dapat menandai kunjungan mereka dengan menggantung dekorasi mereka sendiri.

Untuk diketahui, pemerintah kota setempat telah meluncurkan kereta api untuk membantu pengunjung sampai di sana, mendirikan tempat parkir umum tepat di sebelah rumah Bibi Eta, yang dibuka untuk pengunjung hingga 2 Januari 2022.