Tata Lingkungan, Percantik Taman dan Perlebar Jalan Jelang MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB Ajukan Anggaran Rp700 Miliar
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, HL Gita Ariadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Bagikan:

NTB - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengajukan anggaran Rp700 miliar kepada pemerintah pusat untuk membenahi infrastruktur pendukung jelang perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"Pengajuan anggarannya sudah kita usulkan ke kementerian dan lembaga. Konsolidasinya terus kita lakukan, cuman untuk realisasinya kita belum tahu kapan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, HL Gita Ariadi di Mataram, Antara, Selasa, 21 Desember. 

Usulan anggaran tersebut nantinya untuk membangun sejumlah infrastruktur jalan depan Sirkuit Mandalika dengan nama ruas Kuta-Keruak sepanjang 5,3 kilometer. Anggarannya diperkirakan Rp140 miliar. 

Jalan tersebut akan diperlebar seperti jalan bypass Bandara Lombok-Sirkuit Mandalika dua jalur dan empat lajur dengan lebar 30 meter.

"Saat ini anggaran untuk pembenahan jalan depan Sirkuit Mandalika baru sebesar Rp16 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022," ujarnya.

Selain infrastruktur pelebaran jalan, usulan yang disampaikan Pemprov NTB ke pemerintah pusat tersebut antara lain dukungan anggaran untuk fasilitas keselamatan jalan dari bypass mulai dari Kota Mataram sampai Mandalika.

Selanjutnya, penataan lingkungan, taman-taman yang berada di akses jalan bypass BIL-Mandalika termasuk jalan Kuta-Sengkol dan lainnya. Keempat, menghijaukan bukit-bukit yang ada di sekitar kawasan Mandalika. Termasuk pengembangan UMKM dan promosi pariwisata.

Namun demikian, Sekda mengaku optimis meski penyelenggaraan MotoGP masih tiga bulan lagi, pembenahan maupun perbaikan infrastruktur pendukung untuk balap motor paling bergensi di dunia tersebut akan tuntas.

"Kita harap apa yang jadi ikhtiar kita bisa disinergikan," katanya.