Aparat TNI-Polri Cek Keamanan dan Protokol Kesehatan Gereja di Jember Jelang Natal 
Polri-TNI mengecek pengamanan gereja jelang Natal di Jember Jawa Timur/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JEMBER - Jajaran TNI dan Polri melakukan pengecekan keamanan dan protokol kesehatan di beberapa gereja menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kegiatan kami untuk mengecek kesiapan gereja dalam perayaan Natal dan memastikan sarana protokol kesehatan diterapkan di gereja-gereja sesuai dengan Inmendagri Nomor 67 Tahun 2021," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Jember Kompol M. Thoha yang didampingi Pasi Ops Kodim 0824 Jember Kapten Inf Suwarno dikutip Antara, Senin, 20 Desember.

Menurutnya, pengecekan kesiapan gereja dalam perayaan Natal terutama sarana protokol kesehatan, di antaranya ketersediaan alat pengecekan suhu, aplikasi PeduliLindungi, dan penunjuk arah jemaat saat di dalam gereja.

"Kami mengimbau gereja untuk membatasi jumlah jemaat yang hadir dalam perayaan Natal, Jemaat di gereja dibatasi hanya 50 persen karena masih dalam situasi pandemi COVID-19," tuturnya.

Terkait situasi keamanan dan ketertiban menjelang Misa Natal 2021 di Kabupaten Jember sejauh ini aman dan kondusif, namun aparat kepolisian terus melakukan patroli untuk memastikan tempat ibadah Umat Kristiani benar-benar aman untuk pelaksanaan ibadah saat perayaan Natal.

Sementara itu, Kapolsek Puger AKP Ribut Budiyono mengatakan pihaknya siap melaksanakan pengamanan Natal di beberapa gereja di wilayah Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

"Kegiatan pengamanan untuk menciptakan situasi yang kondusif selama kegiatan ibadah berlangsung dan memberikan rasa aman,serta nyaman kepada Umat Kristiani dalam melaksanakan perayaan Natal," katanya.

Selain itu, lanjut dia, TNI-Polri akan terus mengimbau dan mengingatkan jemaat yang menghadiri perayaan Natal di gereja untuk mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

"Pengamanan dan monitoring dari anggota Polsek Puger dan Koramil digencarkan untuk memastikan tidak ada gangguan kamtibmas dalam rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru 2022 di Kecamatan Puger," ujarnya.

TNI-Polri akan melakukan sterilisasi atau penyisiran di gereja-gereja untuk memastikan tempat ibadah Umat Kristiani benar-benar aman untuk pelaksanaan ibadah pada Hari Raya Natal 2021.