Kota Sorong Bergetar, Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Skala Richter Terjadi Dini Hari Tadi
Kota Sorong diguncang gempa bumi dengan bermagnitudo 5,5 dini hari tadi. (Foto @bmkg)

Bagikan:

JAKARTA - Kota Sorong, Provinsi Papua Barat diguncang gempa bumi pada Minggu dini hari dengan kekuatan yang dicatat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika bermagnitudo 5,5. Gempa bumi tersebut terjadi pada Minggu, pukul 01.26 WIB di koordinat 0.63 LS dan 131.49 BT. "Lokasi 35 km timur laut Kota Sorong," tulis laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu 19 Desember.

Laman resmi BMKG itu menjelaskan bahwa gempa bumi berada pada kedalaman 10 kilometer. Gempa di Kota Sorong tidak berpotensi tsunami. Belum ada informasi terkait dengan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut. "Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat juga diguncang gempa pada Sabtu 18 Desember malam dengan magnitudo 4,6. Gempa bumi tersebut terjadi pukul 23.30 WIB pada koordinat 3.92 LS dan 133.56 BT.

Pusat gempa berada di laut 36 km barat daya Kaimana. Laman resmi BMKG menjelaskan bahwa gempa berada pada kedalaman 17 kilometer.

Getaran gempa bumi dirasakan dalam skala (MMI) III Kaimana. Belum ada informasi terkait dengan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut.