Di Hadapan Jenazah Haji Lulung, Anies: Jakarta Merasa Kehilangan
Gubernur DKI Jakarta saat melayat ke Haji Lulung (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut menyalatkan jenazah Abraham Lunggana atau Haji Lulung di Masjid Al-Anwar, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria juga ikut serta melaksanakan salat jenazah.

Di hadapan jenazah Haji Lulung yang telah terbaring pada keranda, Anies menyebut dirinya dan warga Jakarta merasa kehilangan atas kepergian Ketua Umum Bamus Betawi yang juga mantan Anggota DPRD DKI tersebut.

"Kami, Jakarta, merasa kehilangan. Telah berpulang yang selama ini menghibahkan waktu, energi, sumber daya untuk kemajuan masyarakat Jakarta," kata Anies di lokasi, Selasa, 14 Desember.

Bagi Anies, Haji Lulung merupakan tokoh mulia di mata Allah. Ia berharap Haji Lulung mendapat derajat yang mulia setelah meninggalkan dunia, serta dilapangkan kuburnya. Sebab, Lulung menurut Anies adalah orang yang sangat dermawan.

"Di hadapan kita tertuju jenazah pribadi yang menjalankan hidup untuk memikirkan perjuangan umat dan bergerak di jalan yang benar. Insyaallah," ungkap Anies.

Sebagai informasi, Haji Lulung meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita pada pukul 10.51 WIB. Lulung menjalani perawatan intensif selama 20 hari di RS sejak 24 November 2021. Haji Lulung dimakamkan di TPU Karet Bivak.

Saat dirawat oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Harapan Kita, Haji Lulung sempat mengalami kondisi medis yang naik-turun. Sampai akhirnya, kondisi Lulung semakin memburuk dan mengembuskan napas terakhir pada hari ini.