Bersama Ganjar Pranowo, Jokowi Tanam Bawang Merah di Temanggung
Presiden Joko Widodo dan Ganjar Pranowo (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
 
Dalam kesempatan itu, dia sempat menanam bawang merah bersama para petani didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta pejabat lainnya seperti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
 
"Saya bersama Menteri Pertanian, Menteri PU, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Temanggung dan para petani bersama-sama melakukan penanaman bawang merah yang kita lakukan di Kabupaten Temanggung," kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 14 Desember.
 
Eks Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan food estate itu mempunya luas 339 hektar. Jokowi bilang, proses penanaman lumbung pangan ini nantinya akan didampingi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) agar produktivitasnya makin meningkat.
 
Selain itu, untuk mencegah permainan harga yang merugikan para petani oleh tengkulak, Jokowi meminta Kementan untuk menyiapkan pembeli secara langsung.
 
 
"Paling penting disiapkan yang membeli dari bawang merah yang sudah kita tanam tadi sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli itu ada, dan harga yang ada tidak dipermainkan oleh para tengkulak," tegasnya.
 
Dengan langkah ini, dia berharap pendapatan para petani makin meningkat. Apalagi, Kementan telah berupaya memberikan bibit bawang merah terbaik sehingga diharap membuat petani makin produktif.
 
"Kita harapkan dengan produktivitas yang semakin baik, intervensi di bibit, diharapkan income, pendapatan petani semakin meningkat," ungkap Jokowi.
 
"Ini akan saya lihat setelah panen karena kita dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi per hektar dapat (produksi, red) berapa ton, kemudian ongkos produksinya berapa sehingga ketemu betul para petani mendapat keuntungan menanam bawang merah ini," pungkasnya.