BMKG Medan: Curah Hujan Tinggi, Waspadai Potensi Longsor di Sumut
Ilustrasi/ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memperkirakan adanya curah hujan tinggi dalam beberapa waktu mendatang. Masyarakat khususnya di dataran tinggi di Sumatera Utara agar waspada terhadap potensi tanah longsor. 

"Waspada hujan lebat untuk sebagian wilayah pesisir barat dan pegunungan yang dapat menyebabkan terjadinya genangan-genangan air untuk wilayah perkotaan dan longsor untuk wilayah dataran tinggi ," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita di Medan dikutip Antara, Kamis, 9 Desember..

Secara umum dia menjelaskan cuaca di Sumut pada Kamis siang berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Sore-malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Tapanuli tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Padangsidimpuan dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Dairi, Pakpak Bharat, Padangsidimpuan dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 18.0-32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.