Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Swiss baru saja melegalkan cara baru untuk mati dengan bantuan alat bunuh diri. Dewan peninjau medis negara tersebut telah mengizinkan penggunaan Sarco Suicide Pod, yang merupakan kapsul seperti peti mati portabel, yang dicetak 3-D dengan jendela yang dapat diangkut ke tempat yang tenang untuk saat-saat terakhir hidup seseorang.

Metode bunuh diri berbantuan konvensional umumnya melibatkan zat kimia. Penemu Philip Nitschke dari Exit International mengatakan kepada situs web SwissInfo.ch, 'pod kematian-nya' menawarkan pendekatan yang berbeda.

"Kami ingin menghapus segala jenis tinjauan psikiatris dari proses dan memungkinkan individu untuk mengontrol metode itu sendiri," jelasnya seperti dikutip dari The Daily Best 8 Desember.

"Tujuan kami adalah mengembangkan sistem penyaringan kecerdasan buatan untuk membangun kapasitas mental orang tersebut. Tentu saja, ada banyak skeptisisme, terutama di pihak psikiater," tandasnya.

Pod dapat diaktifkan dari dalam dan dapat memberikan orang yang berniat untuk mati berbagai pilihan di mana mereka ingin berada pada saat-saat terakhir mereka.

"Mesin bisa ditarik ke mana saja untuk mati. Itu bisa di lingkungan luar ruangan yang indah atau di tempat organisasi bunuh diri yang dibantu, misalnya," jelasnya.

Tapi, tidak sembarang orang bisa mengakses atau menggunakan mesin ini ya. Untuk memenuhi syarat untuk menggunakan pod, orang yang ingin mati harus menjawab survei online yang dimaksudkan untuk membuktikan apakah mereka membuat keputusan atas kemauan mereka sendiri. Jika mereka lulus, mereka akan diberitahu lokasi pod dan diberi kode akses.

Begitu berada di dalam, orang yang berniat mengakhiri hidupnya harus menjawab pertanyaan yang sudah direkam sebelumnya. Kemudian, menekan tombol yang akan memulai proses membanjiri interior dengan nitrogen, yang akan dengan cepat mengurangi tingkat oksigen di dalam dari 21 persen menjadi 1 persen.

"Orang itu akan masuk ke dalam kapsul dan berbaring," tandasnya, menambahkan, "Sangat nyaman."

Dia mengatakan orang tersebut kemungkinan akan merasa disorientasi atau euforia. "Semuanya memakan waktu sekitar 30 detik. Kematian terjadi melalui hipoksia dan hipokapnia, kekurangan oksigen dan karbon dioksida. Tidak ada kepanikan, tidak ada tersedak," paparnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2020, sekitar 1.300 orang meninggal dengan bunuh diri di Swiss, hampir semuanya dengan menelan cairan natrium pentobarbital, yang membuat pasien koma sebelum membunuh mereka. Bunuh diri yang dibantu juga legal di Belanda, Jerman, Belgia, Luksemburg dan Kanada.

Sarco Suicide Pod diharapkan akan beroperasi pada tahun 2022. Perusahaan telah membuat tiga prototipe, tetapi satu tidak "menyenangkan secara estetika" sehingga tidak akan digunakan, katanya. Perusahaan belum mengumumkan berapa biaya untuk menggunakan layanan ini.